Demokrasi Saat Ini Cuma Dinikmati Para Cukong dan Anteknya

Eramuslim.com – Demokrasi yang dikuasai oligarki alias kelompok para cukong telah meresahkan dan menyakiti kalbu masyarakat kita. Demokrasi yang mustinya bermanfaat bagi maslahat rakyat telah diperalat Oligarki alias para cukong menjadi demokrasi yang hanya melayani kepentingan para cukong dan elite dan pejabat, bertentangan dengan kepentingan rakyat banyak.

Tokoh nasional Rizal Ramli (RR) menegaskan bahwa berbagai gugatan yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK) itu disebabkan oleh kenyataan bahwa substansi persoalan korupsi yang marak di Indonesia disebabkan ambang batas pencalonan (threshold) yang dipatok 20 persen untuk Pilpres, Pileg dan Pilkada, dimana Oligarki mengendalikan demokrasi kriminal ini. Rakyat sudah resah gelisah dan kecewa masif sebab demokrasi yang substansial sudah dilenyapkan oleh politik uang Oligarki.

Menurut RR,”Yang boleh mengajukan calon presiden hanya partai partai yang sudah lolos verifikasi (ini standardnya ketat banget: harus ada pengurus dan kantor di 34 Provinsi, 75% kabupaten). UUD (Konstitusi 1945) tidak ada threshold !”

RR menambahkan, threshold untuk Pileg dan Pilkada harus Nol persen sebagaimana untuk Pilpres sebab itu yang sesuai dan konsisten dengan amanat Konstitusi UUd1945, dimana dalam UUD45 jelas dan terang tidak ada threshold.