Demo 10 Agustus: Pemerintah Memang Sewenang-wenang

Oleh Asyari Usman

UU Kesehatan, UU Ketenagakerjaan, UU Minerba, UU Investasi, UU IKN, dan berpuluh UU lainnya dirasakan tidak berpihak kepada rakyat. Semua disusun untuk kepentingan pemodal.

Perawatan kesehatan akan dijadikan lahan industri. Para pemodal berpesta ria. Jaringan rumah sakit (RS) yang dibangun dengan modal puluhan triliun akan semakin dipermudah untuk menambang duit.

Tambang duit jaringan RS itu memang ditujukan kepada orang-orang kaya. Bagaimana dengan rakyat miskin? Perawatan kesehatan mereka tetap dijalur BPJS. Artinya, teruslah menikmati RS yang didanai negara seadanya. Sering kekurangan tempat tidur.

Bagaimana dengan tenaga kerja alias buruh? Kaum buruh tampaknya akan tetap dijadikan, maaf, jongos pemodal. Itu pun belum tentu Anda bisa mendapatkan pekerjaan. Bisa jadi para pemodal asing akan membawa buruh mereka sendiri seperti yang telah dilakukan oleh perusahaan tambang China yang beroperasi di berbagai daerah Indonesia.

Intinya, Omnibus Law Ketenagakerjaan memuat pasal-pasal yang lebih memudahkan perusahaan besar. Mudah memecat, mudah menerapkan aturan kerja sendiri, mudah menguras tenaga buruh, dan lain sebagainya. Serba mudah serba enak bagi perusahaan besar.

Inilah yang menjadi tema besar demonstrasi buruh yang berlagsung di Jakarta hari ini, 10 Agustus 2023. Para pemimpin serikat yang tergabung dalam Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) mengatakan jumlah satu juta buruh berunjuk rasa akan bisa tercapai.

Sebelum aksi unnjuk rasa hari ini pun, Omnibus Law Ketenagakerjaan, perlakuan terhadap kaum buruh dinilai sangat tidak adil. Ini diperparah oleh sikap pemerintah yang cenderung memihak kepada para pemodal. Kaum buruh meminta agar pemerintah melindungi buruh, bulan melindungi perusahaan yang asas utamanya adalah keuntungan sebesar mungkin.

Sekarang ini kaum buruh merasakan perlakuan terhadap mereka semakin eksploitatif. Misalnya, perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) yang sangat merugikan pekerja. Perusahaan bisa saja memberlakukan PKWT tanpa batas waktu. Sehingga, tidak ada lagi peluang buruh untuk menjadi tenaga kerja tetap. Akibat, pada akhir PKWT bisa saja seorang pekerja tidak mendapatkan apa-apa sampai mamasuki usia pensiun.

Yang juga semakin merisaukan buruh adalah aturan yang abu-abu tentang pekerjaan yang bisa dialihdayakan (outsourcing). Tidak ada batasan yang jelas. Ini akan sangat merugikan buruh dan sangat menguntungkan perusahaan. Alihdaya (outsourcing) memang menjadi perdebatan sengit. Sebab, suasana pasar kerja (labour market) akhir-akhir ini semakin tidak pasti. Pengusaha menengah kecil, bahkan yang besar juga, merasa beban perusahaan perlu diringankan melalui alihdaya.

Tapi, kaum buruh berkeras bahwa itu semua hanya dalih pengusaha yang hanya ingin enak sendiri. Pengusaha, kata mereka, hanya mau menang sendiri. Memang harus diakhui bahwa masih banyak perusahaan yang tidak menerapkan alihdaya tetapi tetap sehat.

Yang juga dikeluhkan adalah waktu cuti. Pada zaman sekarang, para pekerja semakin tertindas oleh target-target gila perusahaan. Produktivitas adalah satu-satunya ideologi pengusaha. Sikap atau cara pandang seperti ini harus dicampuri oleh pemerintah.

Harus diakui, pemerintah Presiden Jokowi lebih memanjakan pemodal. Investasi dan lapangan kerja memang penting. Namun, pemerintah semestinya juga menempatkan kaum buruh sebagai elemen bangsa yang akan menentukan masa depan negara ini.

Pemerintah harus memihak buruh dalam perspektif penegakan keadilan bagi semua pihak. Saat ini, yang dirasakan adalah ketidakadilan dalam menyusun dan menjalankan UU. Pemerinth Jokowi memamg sewenang-wenang.[]

10 Agustus 2023
(Jurnalis Senior Freedom News)

Beri Komentar

37 komentar

    1. Pada meleklah jgn tidur melulu rebahan lihatin hp aja yg dilihat kejelekan melulu lihat indonesia skrg tdk dipungkiri lg makin maju dr pedesaan smp kota dan kebijakan2 pro rakyat

      1. Itu memang benar. Harus diakui Indonesia sekarang sudah lebih baik daripada beberapa tahun yang lalu. Jalan2 didesa yang tadinya jalan tanah sekarang hampir semua dicor. Kalau berharap pemerintah sempurna tidak aka ada. Pemerintah memikirkan lapangan pekerjaan supaya pekerjaan untuk rakyatnya tetap ada. Kalau pemerintah mengikuti maunya para buruh ya investor tidak masuk. Kalau investor tidak masuk rakyatnya mau kerja dimana? Ujung2nya ya nyalahin pemerintah lagi. Memang nyalahin pihak lain itu hal yang paling mudah. Pemerintah pasti berpihak di tengah2 ya Investor maupun Buruh supaya investor masuk dan buruh bisa bekerja. Barangkali bisa buka wawasan kita semua.

      2. Laaa,,, emng nya Indonesia pengen mundur?
        Klu ada kemajuan berarti dia kerja. Cuma skrng apa anda mikir keadaan semakin parah. Jgn infrastruktur yg dikejar tapi perekonomian rakyat dan pekerjanya pada dibikin susah. Anda yg hrs melek liat penderitaan yg dialami saudara yg lain. Jgn abis makan lsng tidur

      3. Seng jelas kecelik milih pemimpin….
        Kelihatan merakyat ternyata inilah sekarang yg dirasakan oleh wong cilik…#Ngapusi!!!!

      4. Maju sih maju. Kebijakan emang pro. Ente kayaknya kagak pernah jadi orang yg kekurangan & kagak pernah jadi karyawan. Ente mau kerja tanpa uang lembur ? Ente mau kerja yg targetnya mustahil di tempuh & gaji akan di potong jika kagak sampe target ?

    2. Cuma orang gila yang kepentingan dan kenikmatannya dipangkas JOKOWI ngamuk.kami rakyat kalau bisa Jokowi memimpin sampai tahun 2045

  1. Ternyata wakil rakyatnya menghianati rakyatnya
    Tapi ga boleh dibilang bajingan tolol
    Pinginnya disebut pro rakyat, rakyat negara mana tuh?

  2. Banyak omong, emang gampang ngurus negara, semua subsidi, makan lu di kasih BLT, anak lahir gratis, minyak Lo subsidi, anak Lo sekolah dikasih KIP, berobat dikasih KIS kurang apa lagi

    1. Justru krn ga mudah urus negara makanya perlu pemimpin yg cerdas dan punya ijazah asli. Emang lu anggap subsidi dan blt yg lu terima selama ini duitnya junjungan lo?

    2. BLT ? KIP ? hahaha…. Aq pengangguran/kena PHK kagak pernah dpt BLT & KIP. Yg survey datang berkali² tapi aq kagak lolos. Karena apa ? Karena aq numpang di rumah yg bertembok. Yg dijadikan penilaian bentuk fisik tempat domisili, bukan dari segi mampu atau kagak mampu. Tengoklah lingkungan ente, ada kagak yg dpt BLT, KIP, tapi dinding rumahnya tembok ? Kalo ada, mending situ kagak paham & kagak usah banyak omong.

    1. Emng kip, kis, bansos, banpres milik pribadi jokowi.? Itu dana negara dan uangnya dr rakyat, ,siapapun berhak menikmati.
      Komen anda menandakan anda tdk punya wawasan dlm berpikir.
      Suatu saat anda akan merasakan apa yg orng lain merasakan saat ini.

  3. Yang aku tahu buruh itu orang yang sangat mudah dijual untuk kepentingan kalaian, semmentata kalau orang cerdas dan nggak malas, dia akan berusaha jadi wirausaha yg nantinya bisa juragan, walau dari harus mulai dari minus atau 0,
    Kalau kalian nggak tahu juragan itu gimana tak kasih tau ya,
    Saya itu juragan walau sangat ecek ecek,
    Kalau saya ada proyek diitempat yg jauh atau buka warung misalnya, saya ya akan bawa orng sendiri masak mau cari orang sana
    ” mikir ” brow
    lha kalau orangnya model kayak kalian !
    Yo amburadul langsung bangkrut brow kalian emang perusak mental buruh,
    Lha kalian wahai buruh ” Mikir ” jangan mau di peralat mereka

    1. Setuju…. Liat aja skrang petinggi buruh semua dari orang yg berkepentingan. Intinya buruh hanya di manfaatkan untuk ambisi mereka.

  4. Apakah dpr s7dah pro rakyat…perlukah dibentuk dpr…masih kah rakyat milih anggota dpr…sejauh mana fungsinya dpr…

  5. Apakah dpr sudah pro rakyat…perlukah dibentuk dpr…masih kah rakyat milih anggota dpr…sejauh mana fungsinya dpr…

  6. Semua yg dipermasalahkan dlm artikel ini dapat diperdebatkan. Jika rumah sakit besar bertambah bukankah itu baik? Pengguna jasa rumah sakit juga tidak dirugikan krn biaya rumah sakit ditanggung asuransi (BPJS).

  7. Manusia manusia kerdil bisanya nyalahin pemerintah kalau kalian mampu jadi presiden ya nyalon dasar manusia benalu males kerja tapi pingin hidup enak cara ngomong kalian saja tidak ada etika

  8. Apakah anda sdh pernah mengajukan konsep yg sesuai dengan keinginan anda???
    Hendaknya disebut jugalah UU mana dipasal berapa yg terasa nenyulitkan anda.
    Percayalah demo beratus juta umat pun tidak akan menurunkan Jokowi yang anda benci, tapi sebentar lagi juga oleh UU maka Jokowi akan melepas jabatan.
    Terus… Jika Jokowi lengser apakah ada jaminan… hidup anda akan lebih baik???
    Salam waras… Merdeka!!!

  9. Jalan satu satu nya ganti rezim … Kalau pemimpin nya masih di ketiak nenek lampir ya terussss kuta di kebiri …
    Jangan larut dalam kekecewaan ayo kobarkan semangat untuk perubahan
    Ganti Rezim

  10. Bagaimana dgn sikap yng mengaku buruh sesudah demo makan BQQ sedangkan buruh yng demo makan nasi bungkus haaaaa

  11. Ngebacot doang lo, mau sebenar-benarnya perubahan adalah wacanakan hukuman mati buat koruptor, klo ga bacot lo omong kosong doang cuma cari duit dari penderitaan buruh.

  12. Yg penting era sekarang boleh ngomong asal ada etika,nggak terbayang ngomong ngomong yg seenak udel andai di era ORBA era Pak Suharto apa yg akan terjadi? Boro boro dapat bantuan yg ada surat panggilan dari instansi tertentu utk menghadap.

  13. Wahai para buruh lihat lah sejarah. Salah satu manusia yang terlibat dalam lahirnya outsourcing ya si Said Iqbal. Dia dengan tim kecil yang merumuskan outsourcing.

  14. Di negara kita ini serasa jaman penjajahan para buruh bukan lagi pekerja bagi perusahaan namun telah menjadi budak untuk meraup pundi pundi kekayaan di negara kita tercinta indonesia

  15. Opini bisa dibolak balik,aplg Diera medsos org gampang dihasut dg brita Hoax.Jgnkan di kita,di AS sj yg mrupakn ngra pling maju dg strata pndidikn yg cukup mrata,org msih dg gampang kena brita Hoax. Mk ga heran di ngra kita msih byk rky yg prcaya brita hoax trutama msyrkt bawah yg tinggal dipedesaan,mrk tdk mau mncari sumberr brita lain,aplg klau dibritakn olh pemuka agama. Mngenai layanan kesehatan dmna pmodal bsar akan mudah bangun RS,itu mrupakn hal positif drpd para bos kita lbh byk brobat keluar ngri,krn playanan RS kita yg dipndang msih jauh dr memuaskan,shg ntinya trjdi prsaingan yg sehat antar RS,malah slama ini trjdi Kartel dibidang kesehatan. Bgitupun dlm hal ketenagakerjaan,pnjelasan pemrnth tdk ada PHK sepihak,cuti² msih dijamin,mungkin yg diharapkn efisiensi dr para pekerja spy brsaing ditingkt internasional. Kpda oposan brilah rky pmblajarn yg positif sesuai data dn fakta