Obama: Serangan Udara Di Irak Demi Menjaga Kepentingan Amerika Disana

Barrack obamaPresiden Barack Obama menegaskan dalam pertemuan tertutup dengan anggota Kongres hari Minggu (17/08) kemarin bahwa serangan terbatas angkatan udara AS di wilayah Irak adalah demi melindungi kepentingan Amerika disana.

Dalam keterangannya, Obama mengatakan “serangan terbatas yang dilancarkan angkatan udara AS di wilayah utara Irak adalah untuk mendapatkan kembali bendungan yang dikuasai milisi ISIS.”

Menurut keterangan yang dibacakan juru bicara Dewan Keamanan Nasional, Caitlin Hayden, mengatakan “serangan terbatas angkatan udara AS untuk mendukung pasukan keamanan Irak telah mendapat persetujuan sebelumnya oleh anggota Kongres AS.”

Sejak hari Jum’at (14/08) kemarin, pasukan udara AS beserta pasukan Kurdistan dan pemerintah Irak telah memulai operasi merebut kembali bendungan yang sebelumnya dikuasai oleh milisi ISIS.

“Pasukan gabungan dilaporkan berhasil mengusir milisi ISIS dan menguasai bendungan penting di kota Mosul wilayah utara Irak pada hari Minggu (17/08) kemarin,” ujar Caitlin Hayden. (Almasryalyaoum/Ram)