New York Times: 85% Bantuan Kemanusiaan Di Suriah Di Bajak Tentara Bashar Al Assad

People unpack humanitarian aid from trucks in DumaSurat kabar asal Amerika The New York Times mengungkapkan lebih dari 85% bahan makanan dan obat-obatan yang diberikan PBB untuk bantuan kemanusiaan di Suriah di ambil alih oleh kubu Bashar al – Assad dan pendukungnya dalam 3 bulan pertama di tahun 2014.

Liris data terbaru ini akan di umumkan Sekjen PBB Ban Ki Moon dalam laporan bulanan pada akhir bulan Mei mendatang, serta akan digunakan dalam pertimbangan penyaluran bantuan melalui kubu pemerintah Suriah, seperti dilansir surat kabar New York Times.

Hal serupa juga dikatakan John Ging yang menjadi Koordinator Urusan Kemanusiaan Suriah, dalam keterangannya kepada New York Times mengatakan “rezim Bashar al – Assad mengancam akan mengusir mereka jika memberikan bantuan kemanusiaan tanpa adanya persetujuan dari pemerintah Suriah.”

Kondisi kemanusiaan yang semakin parah di Suriah telah mendesak Dewan Keamanan PBB sejak 3 bulan lalu untuk mengeluarkan resolusi yang mengikat secara hukum kepada seluruh pihak bertikai di Suriah.

Dalam resolusi tersebut mewajibkan kedua belah pihak yang bertikai untuk memfasilitasi lewatnya pengiriman makanan dan obat-obatan kepada warga sipil Suriah. (Alarabiya/Ram)