New York Perbolehkan Kumandang Adzan Hari Jumat

Panggilan Adzan New York

Eramuslim.com – Walikota Eric Adams telah mengumumkan bahwa New York City akan mengizinkan panggilan shalat adzan untuk disiarkan pada waktu-waktu tertentu setiap hari Jumat dan selama bulan suci Ramadhan.

“Sudah terlalu lama, ada kebingungan tentang komunitas mana yang tidak diizinkan untuk mengeraskan suara adzan,” kata Adams pada konferensi pers pada hari Selasa (29/08/2023).

“Hari ini, kami memangkas birokrasi dan mengatakan dengan jelas bahwa masjid dan rumah ibadah bebas untuk mengumandangkan adzan pada hari Jumat dan selama bulan Ramadhan tanpa perlu izin,” katanya.

Dalam konferensi pers yang dihadiri oleh perwakilan dari berbagai asosiasi masjid dan yayasan Muslim, Adams mengatakan: “Anda bebas menjalankan ibadah Anda di New York City karena, di bawah hukum, kita semua berhak mendapatkan perlakuan yang sama. Pemerintah kami sangat bangga dengan pencapaian ini.”

Di bawah panduan baru ini, sebuah masjid dapat menyiarkan adzan setiap hari Jumat antara pukul 12.30 dan 13.30 siang serta sebelum berbuka puasa setiap malam selama bulan puasa Ramadhan.

Para pemimpin dari komunitas Muslim menyampaikan rasa terima kasihnya kepada walikota dan para pejabat lainnya. Sebagai penutup pertemuan, adzan dikumandangkan dari atas podium kantor Walikota, disertai dengan penjelasan dalam bahasa Inggris.

Konferensi pers itu juga dihadiri Shamsi Ali, tokoh Muslim Indonesia yang aktif menjadi imam dan berdakwah di New York.

(Hidayatullah)

Beri Komentar