Netanyahu: Yakinlah, Israel Akan Berjuang Sampai Menang

eramuslim.com – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan sejak hampir satu tahun lalu diserang Hamas, negaranya sekarang berperang di tujuh penjuru.

“Sekarang, Israel mempertahankan diri di tujuh penjuru melawan musuh-musuh peradaban,” kata Netanyahu di video pernyataan, dikutip dari CNN, Sabtu (5/10).

Perang ini, kata dia, termasuk melawan Hizbullah didukung Iran di utara, Hamas di Gaza, Houthi di Yaman, ‘teroris’ di Tepi Barat dan milisi Syiah di Irak dan Suriah.

“Dan kami berperang melawan Iran, yang minggu lalu menembakkan lebih dari 200 rudal balistik langsung ke Israel dan yang berada di balik perang tujuh penjuru melawan Israel ini,” ucap dia.

Netanyahu mengatakan bahwa dia menepati janjinya mengubah keseimbangan kekuatan di utara antara Israel dan Lebanon. Hizbullah di Lebanon telah menyerang Israel dengan roket, rudal dan drone sejak 8 Oktober 2023.

Menyinggung Gaza, dia menyebut Israel memiliki hak membela diri dan negaranya tak akan melupakan 101 sandera yang ditahan Hamas.

Netanyahu juga mengomentari pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan negara-negara lain yang menyerukan embargo senjata terhadap Israel.

“Yakinlah, Israel akan berjuang sampai pertempuran dimenangkan, demi kita dan demi perdamaian dan keamanan di dunia,” ujar dia.

Kelompok militan yang didukung Iran tersebar di seluruh Timur Tengah dan telah lama berkonflik dengan Israel. Namun bentrokan semakin intensif usai 7 Oktober 2023, saat Hamas menyerang Israel, yang kemudian memicu perang di Gaza.

Houthi dan Hizbullah menyatakan serangan mereka sebagai dukungan buat warga Palestina di Gaza, yang kini jadi tempat kampanye militer Israel dan sudah menewaskan puluhan ribu orang.

 

(Sumber: Cnnindonesia)

Beri Komentar