Negara Manakah Yang Paling Sedikit Mengirim Jamaah Hajinya ?

haji1Proyek perluasan komplek 2 Masjid suci, memaksa pemerintah kerajaan Saudi harus mengurangi sebanyak 50% jamaah haji yang berasal dari dalam negeri, dan 20% calon jamaah haji yang berasal dari luar negeri.

Dalam konferensi OKI, rasio calon jamaah haji dari masing-masing negara yang telah disepakati adalah seribu orang per setiap satu juta warga muslim di negara tersebut, atau 1:1000 orang muslim. Jumlah ini akan meningkat sesuai dengan jumlah penduduk masing-masing negara, dan jumlah ini tidak masuk persentase dalam ibadah Umrah.

Turmeknistan menjadi negara yang paling sedikit mengirim jamaah hajinya pada musim haji tahun 2013 ini. Tercatat dalam kementerian haji Arab Saudi, jamaah haji asal Turmeknistan tidak lebih dari 200 orang yang menunaikan ibadah haji di tahun ini.

Sebenarnya jatah jumlah jamaah haji bagi negara Turmeknistan adalah sekitar 2000 orang, akan tetapi pengurangan jumlah jamaah haji yang hanya mencapai sekitar 200 orang merupakan atas permintaan pemerintah Turmeknistan sendiri, hal ini juga ditegaskan oleh juru bicara Kementerian Haji Arab Saudi, Hatem Qodi.

Turkmenistan, sebuah negara di Asia Tengah , dan berasal dari pecahan republik Uni Soviet , jumlah penduduk di negara bekas pecahan Uni Soviet ini sebanyak enam juta orang penduduk yang sebagian besar mereka adalah Muslim. (alarabiyah/Zhd)