Negara Negara Arab Berada Dalam Tingkat Teratas Korupsi Dunia

transparency internasionalLembaga Transparency International dalam laporan tahunan yang dikeluarkan pada hari Selasa kemarin, menempatkan Sudan , Libya , Irak , Suriah , dan Yaman sebagai negara yang melakukan korupsi terbesar di dunia.

Transparency International menjelaskan bahwa sekitar 70 % negara di dunia mempunyai masalah serius pada tingkat korupsi di lembaga pemerintahan, dan untuk tahun 2013, lembaga non pemerintahan ini tidak menerbitkan negara bebas korupsi dalam laporan pada tahun 2013 karena permasalahan ini.

Dalam sambutannya, Finn Heinrich, salah seorang peneliti senior di Transparency International mengatakan ” Korupsi sangat mempengaruhi kemiskinan di suatu daerah, dalam penelitian terbukti bahwa negara-negara yang paling korup adalah negara-negara termiskin di dunia. Negara-negara ini tidak akan keluar dari kemiskinan sama sekali jika mereka tidak memerangi korupsi ,” seperti dilansir Agence France Presse.

Tercatat Denmark dan Selandia Baru menjadi dua negara yang paling kecil melakukan korupsi di dunia, sedangkan Somalia , Korea Utara dan Afghanistan menjadi negara paling korup di dunia. (rassd/lndk)