Warga Wadas Demo ke Jakarta, Andi Sinulingga: Ganjar Bilang Masalah Wadas Sudah Selesai?

eramuslim.com – Loyalis bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan, Andi Sinulingga, memberikan respons soal desakan warga Wadas yang mendesak Ganjar menyetop Proyek Tambang Batu Andesit.

Andi Sinulingga heran, sebab sebelumnya Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu menyebut, permasalahan Wadas telah selesai.

Namun, rupanya warga Wadas jauh-jauh ke Jakarta untuk menyuarakan aspirasi terkait permasalahan tersebut.

“Loh, kemarin Ganjar bilang masalah wadas dah selesai?. Sampai jauh-jauh mereka harus demo ke Jakarta,” ujar Andi Sinulingga dalam cuitan Twitternya (27/7/2023).

Dikatakan Andi Sinulingga, tanah Wadas bukan barang dagangan yang bisa diperjualbelikan. Sebab, itu merupakan warisan dari nenek moyang.

“Itu tanah warisan dari nenek moyang, leluhur. Prinsip warga itu yang harus dipertahankan,” ucapnya.

Sebelumnya, sejumlah warga Wadas, Purworejo, Jawa Tengah, datang ke Jakarta menggelar unjuk rasa pada Rabu (26/7/2023) kemarin.

Mereka menyampaikan protes soal aktivitas penambangan kuari batuan andesit untuk proyek strategis nasional (PSN) Bendungan Bener.

Sebab, penambangan tetap berjalan meskipun Izin Penetapan Lokasi (IPL) sudah habis sejak 7 Juni 2023.

Aksi awalnya digelar di dekat Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo di kawasan Jakarta Pusat yang juga bersebelahan dengan kantor YLBHI.

Aksi yang dilakukan warga Wadas dan sejumlah aktivis itu sempat terhambat karena sejumlah relawan Ganjar keberatan aksi dilakukan di lokasi tersebut.

Massa aksi akhirnya bergeser ke seberang Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo dan tetap menggelar aksi protes.

Kabarnya, aksi itu dilakukan agar pemerintah pusat mengetahui pelanggaran yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jateng. Saat ini, aktivitas yang dilakukan yakni pembukaan jalan untuk akses tambang kuari. (sumber: fajar)

Beri Komentar

9 komentar

  1. Saya tidak bisa membayangkan bila resapan air sudah tidak ada dan pepohonan tidak ada, bagaimana kedepannya daerah wadas

  2. Pak Ganjar kmrn blm lengkap menyampaikan kpd awak media. Beliau bilang persoalan proyek wadas sdh selesai, asalkan tdk ada yg protes… begitu kalimat lengkapnya

  3. PDIP bingung ga ada Bacapres yg bersih, Ganjar yg paling mending dari pada yg lain, banyak yg bersih tp bukan kader malu PDIP mengusungnya, saatnya buka mata rakyat Indonesia pilih Bacapres yg jujur, cerdas, penuh gagasan. Santun dan beriman, jujurlah sesuai hati nurani