Walhi Kecam Ahok Yang Ingin Amdal Dihapus

ahok cinaEramuslim.com – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta mengecam usulan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang meminta pemerintah pusat menghapus izin analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) di Jakarta.

Direktur Walhi Jakarta Puput TD Putra mengatakan, usulan menghapus Amdal itu disampaikan Ahok pada rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

“Itu pasti sebuah itikad yang tidak baik untuk perbaikan lingkungan di Jakarta. Bayangkan jika tidak ada Amdal di Jakarta. Ada Amdal saja carut marut, enggak kebayang (DKI) mengusulkan seperti itu,” ujar Puput saat dihubungi, Jumat (22/1).

Menurut Puput, jika izin Amdal dihapus maka membuat pengusaha bisa seenaknya melakukan pembangunan. Karena selama ini meski ada Amdal pengusaha kerap mengabaikan dampak lingkungan.

“Justru kami mengusulkan izin prinsip itu harus dihilangkan, selama ini kan izinnya berjalan Amdal-nya dinomorduakan. Jadi pengusaha seenaknya, jadi tanpa dasar, pengusaha belum tahu dampak lingkungan seperti apa tapi izinnya sudah ada,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Ahok menyebut amdal menghambat badan pelayanan terpadu satu pintu (BPTSP) menerbitkan izin yang berdampak terhadap investasi.

Karena itu, ia mengusulkan penghapusan izin amdal kepada Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup melalui Presiden Joko Widodo.

Pemprov DKI telah berkirim surat kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait usulan tersebut. Usul menghapus Amdal disampaikan Ahok di rapat terbatas mengenai kemudahan berbisnis di Jakarta.(ts/rmoljkt)