Usai Diperiksa KPK, Rafael Alun Trisambodo: Tolong Kasihan Saya, Saya Lelah

Sebagai informasi, nama Rafael Alun Trisambodo menjadi topik pembicaraan masyarakat setelah kasus penganiayaan yang diperbuat anaknya, Mario Dandy.

Mario Dandy yang terlihat selalu memamerkan harta kekayaan milik bapaknya di media sosial berujung dengan terungkapnya jumlah harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo.

Adapun total kekayaan Rafael Alun Trisambodo mencapai Rp56 miliar, hampir sama dengan atasannya di Kementerian Keuangan, Sri Mulyani.

Kecurigaan publik semakin kuat seusai Menko Polhukam Mahfud MD membeberkan bahwa Rafael Alun Trisambodo sudah lama diincar oleh PPATK.

Namun demikian, laporan keuangan Rafael yang diserahkan PPATK kepada KPK pada tahun 2012 tidak pernah diselidiki lebih lanjut.

Berikut daftar kekayaan Rafael Alun Trisambodo yang sedang ditelusuri oleh KPK:

1. Rumah

Pahala Nainggolan selaku Deputi Pencegahan KPK menjelaskan bahwa salah satu harta kekayaan yang mencurigakan adalah rumah dalam perumahan berukuran 6,5 hektare yang dibuat atas nama istrinya, Ernie Mieke Torondek.

Berdasarkan pantauan KPK, perumahan ini kepunyaan dua perusahaan yang dimiliki oleh Ernie Mieke Torondek dan bertempat di Minahasa Utara, Manado, Sulawesi Utara.

2. Rubicon

Mobil Rubicon Jeep berwarna hitam yang dikendarai oleh Mario Dandy ketika menghabisi David hingga tidak sadarkan diri turut diperiksa oleh KPK.

KPK berujar bahwa mobil Rubicon tersebut memang benar bukan milik Rafael Alun Trisambodo. Hal ini sesuai dengan data yang terdapat di STNK serta BPKB mobil kontroversial itu.

KPK menerangkan kalau mobil Rubicon ini sudah menjadi milik kakak Rafael Alun Trisambodo.

Selanjutnya, KPK juga turun langsung mengecek alamat pemilik Rubicon yang tertera di STNK dan BPKB. Setelah mengunjungi alamat tersebut, KPK menemukan bahwa sang pemilik Rubicon tinggal di daerah gang sempit.

“Jadi dari yang di gang, lantas dia (Rafael Alun Trisambodo) beli, dia jual lagi ke kakaknya.” kata Pahala Nainggolan.

“Jadi memang orangnya sudah pergi, tapi itu alamat di dalam gang. Jadi kita pikir ini tidak mungkin dia punya itu,” tuturnya.

3. Saham

KPK sendiri masih belum mengetahui secara lengkap tentang saham apa saja yang dimiliki oleh Rafael Alun Trismabodo.

Namun saat ini diketahui Rafael Alun merupakan pemilik dari sahan di 6 perusahaan yang berbeda.

 

Sumber: [Terkini]