Upaya-Upaya untuk Mengakhiri Isolasi Asad Semakin Meningkat Pascagempa

Syria's Assad says funds frozen in Lebanese banks biggest impediment to investment | Reuters

Eramuslim.com – Gempa bumi dahsyat pada 6 Februari yang menewaskan lebih dari 50.000 orang di Turki dan Suriah mengharuskan negara-negara Arab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kontroversial tentang bagaimana menghadapi pemerintah di Damaskus dan kebutuhan kemanusiaan yang mendesak di wilayah barat laut Suriah yang dikuasai oposisi.

Sejauh ini, bencana tersebut belum mengakibatkan pemerintah Arab mengubah sikap fundamentalnya terhadap pemimpin rezim Suriah, Bashar Asad, yang pemerintahannya telah terisolasi dari dunia Arab sejak 2011, ketika pemberontakan tidak bersenjata terhadap pemerintahannya berubah menjadi perang penuh.

Suriah dibekukan dari Liga Arab pada tahun yang sama, dan banyak anggotanya menarik duta besar mereka dari Damaskus. Amerika Serikat dan Uni Eropa juga memutuskan hubungan dengan Asad, menjatuhkan sanksi kepada pemerintahannya sebagai tanggapan atas penindasan yang kejam terhadap warga sipil selama penumpasan protes anti-pemerintah.

Namun setelah gempa bumi, upaya-upaya Arab -sebagian besar didorong oleh Uni Emirat Arab- untuk mempercepat reintegrasi Suriah ke dalam lingkaran diplomatik di kawasan ini telah mendapatkan momentum. Kedatangan delegasi Persatuan Antar-Parlemen Arab di Damaskus pekan ini, termasuk perwakilan dari Mesir, Irak, Yordania, Libanon, Libya, Oman dan UEA, untuk pertemuan dengan Asad dan anggota parlemen Suriah, menyoroti kenyataan ini.

“Ada celah bagi pemerintah untuk menjalin hubungan dengan rezim Asad karena bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan, sehingga memaksa percakapan politik tentang membangun kembali hubungan dan merehabilitasi Asad,” kata Nader Hashemi, direktur Pusat Studi Timur Tengah di Josef Korbel School of International Studies di Universitas Denver, kepada Al Jazeera.

Sejumlah negara Arab seperti Aljazair, Bahrain, Mesir, Oman, Tunisia, dan Uni Emirat Arab memiliki kepentingan geopolitik dan ekonomi masing-masing dalam mengakhiri isolasi regional Suriah -mulai dari mendapatkan pengaruh yang lebih besar di Suriah pascakonflik yang dapat menantang peran pendukung Asad, Iran, hingga terlibat secara aktif dalam proses rekonstruksi demi keuntungan ekonomi.

Para ahli mengatakan bahwa banyak pemerintah Arab -dengan Kuwait, Qatar dan, setidaknya untuk saat ini, Arab Saudi menjadi pengecualian- melihat gempa bumi sebagai alasan untuk memperdalam keterlibatan dengan Asad. Negara-negara ini berpendapat bahwa kebijakan AS terhadap Suriah telah menghasilkan hasil yang negatif dan komunitas internasional harus mengesampingkan politik dan menghapus sanksi-sanksi untuk membantu para korban gempa Suriah yang sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Bencana ini “menunjukkan dengan jelas ketidakmampuan para pemimpin regional untuk memengaruhi kejadian-kejadian di lapangan tanpa bekerja dengan Damaskus,” kata Neil Quilliam, seorang rekan peneliti di program Timur Tengah dan Afrika Utara di Chatham House, kepada Al Jazeera.

“Dengan demikian, hubungan mungkin akan terus berlanjut, tetapi sebagian besar pemimpin regional akan melihatnya hanya sebagai kebutuhan untuk membantu para korban gempa bumi dan juga membendung aliran captagon ke arah Teluk,” kata Quilliam, mengacu pada obat yang awalnya dikembangkan di Jerman pada 1960-an tetapi saat ini sebagian besar dibuat di Suriah.

Dua pekan setelah bencana tersebut, Asad mengunjungi Oman, negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) kedua yang ia kunjungi sejak perang Suriah meletus 12 tahun yang lalu.

Penyambutan Asad di Muscat menunjukkan “ketertarikan pada tingkat tertinggi GCC untuk merehabilitasi” dirinya, menurut Hashemi, yang berpendapat bahwa presiden Suriah tidak mungkin pergi ke Oman tanpa persetujuan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Tidak terlalu mengejutkan bahwa Oman adalah negara asing pertama yang dikunjungi Asad setelah gempa bumi. Kesultanan ini merupakan satu-satunya negara di enam negara anggota GCC yang mempertahankan hubungan diplomatik dengan Damaskus selama konflik Suriah dan Muscat mendukung kembalinya Suriah ke Liga Arab.

Para ahli menilai bahwa aspek terpenting dari perjalanan Asad ke Muscat, yang dibangun di atas kunjungannya ke UEA pada Maret 2022, adalah pesan yang disampaikannya kepada pemerintah-pemerintah di Timur Tengah dan sekitarnya.

Perjalanan itu “sebagian besar memiliki nilai simbolis” karena menunjukkan kepada “dunia Arab dan seluruh dunia bahwa Liga Arab bersiap-siap untuk menerima kembalinya Suriah ke Liga Arab”, demikian ungkap Andreas Krieg, seorang profesor di Departemen Studi Pertahanan di King’s College London.

“Optik dari kunjungan tersebut -terbang dengan pesawat Syrian Airlines, tidak lagi melakukan perjalanan secara rahasia- dimaksudkan untuk menyoroti pentingnya kunjungan Bashar Asad ke Oman,” tambah Quilliam. “Kunjungan ini dimaksudkan untuk meyakinkan para pemimpin dunia bahwa rehabilitasi Bashar Asad berjalan dengan baik, dan mereka harus mempertimbangkan kembali penentangan mereka terhadapnya.”

Pada titik-titik sebelumnya dalam konflik Suriah, Arab Saudi dan UEA melihat dukungan mereka terhadap kelompok-kelompok oposisi yang memperjuangkan perubahan pemerintahan sebagai cara untuk melawan pengaruh Iran, yang pada awal perang Suriah mengerahkan pasukannya untuk mendukung Asad. Memang, ketika ayahnya, Hafez Asad, yang memerintah Suriah selama 30 tahun, menyeimbangkan hubungannya dengan kerajaan-kerajaan Arab Teluk dan Iran, penerusnya menghabiskan tahun 2000-an untuk menggerakkan Damaskus lebih dekat ke musuh regional Riyadh, Teheran, sementara hubungan Suriah dengan Arab Saudi mengalami ketegangan yang lebih besar.

Namun kini, dengan Asad yang sebagian besar telah berhasil mengatasi krisis Suriah, tampaknya ada pandangan di antara beberapa negara GCC bahwa melibatkan pemerintah di Damaskus dan membawanya kembali ke pangkuan Arab adalah jalan yang paling realistis untuk melemahkan kekuasaan Teheran di Syam, demikian ungkap para analis. Namun, setiap dukungan untuk Damaskus akan datang dengan pamrih.

Arab Saudi dan UEA percaya bahwa Asad “cukup rentan dan lemah sehingga ia dapat dipancing untuk menjauh dari Iran, namun masih menjadi pertanyaan apakah proposisi itu memiliki kemungkinan,” kata Hashemi kepada Al Jazeera. “Itulah pertanyaan yang belum terjawab mengenai hubungan intra-Arab dengan rezim Asad dan kemungkinan celah yang mungkin muncul sebagai akibat dari bencana ini.”

Meskipun tidak memiliki tingkat pengaruh seperti Rusia dan Iran terhadap Asad, kemampuan UEA untuk membujuknya untuk membuat isyarat niat baik kepada komunitas internasional dengan mengizinkan bantuan lintas batas ke Suriah barat laut yang dikuasai oposisi menandakan tingkat pengaruh yang dimiliki oleh Emirat di Damaskus. Setelah bertahun-tahun membangun hubungan baik dengan pemerintah Asad, UEA berusaha untuk memainkan peran yang sangat aktif di Suriah pascakonflik, dan gempa bumi tampaknya telah memfasilitasi pertumbuhan lebih lanjut dari pengaruh Emirat di negara yang dilanda perang tersebut.

“Bagi Abu Dhabi, Suriah adalah aset pembangunan jaringan,” menurut Krieg. “Abu Dhabi mencoba menggunakan hubungan dengan Damaskus sebagai alat tawar-menawar untuk meningkatkan posisinya sebagai kekuatan menengah regional.”

Ferial Saeed, mantan diplomat senior AS, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa “ada banyak pertanyaan yang terkait dengan apakah Asad dapat menavigasi hubungan dengan Iran dan dunia Arab dengan cukup baik untuk memuaskan kedua belah pihak, dan tekanan apa yang akan diberikan Teheran kepada Damaskus.

“Ada banyak hal besar yang bergerak dalam cerita ini, namun ini adalah ruang yang menarik untuk disimak. Banyak hal bisa menjadi sangat menarik tahun ini.”

Namun, gempa bumi mungkin tidak akan membuat Qatar dan Kuwait merangkul kembali Asad.

Krieg percaya bahwa Qatar akan menggunakan hak vetonya di Liga Arab untuk mencegah kembalinya Suriah ke institusi tersebut, namun ia berpandangan bahwa Arab Saudi -yang telah mendukung upaya-upaya Barat untuk mengisolasi pemerintahan Asad sejak awal krisis Suriah- “menjadi lebih fleksibel”.

“Bagi mereka [Saudi], ini adalah tentang Iran dan mengembalikan Suriah ke dalam pangkuan Arab. Ini bisa menjadi cara untuk menggunakan kesempatan ini untuk membalikkan keputusan mereka tentang bagaimana mereka terlibat,” kata Krieg.

Memang, Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan Al Saud bulan lalu bersikeras bahwa dalam hal Suriah “status quo tidak dapat diterapkan,” dan bahwa dunia harus “pada suatu saat” melibatkan Damaskus dalam isu-isu seperti pengungsi dan bantuan kemanusiaan. Dalam praktiknya, apa yang dikatakan oleh Riyadh tentang pendekatannya terhadap Asad masih harus dilihat.

“Jika Saudi melanjutkan hubungan diplomatik, itu akan menjadi hal yang signifikan,” kata Saeed.

[sumber: arrahmah]