Untuk yang Kedua Kalinya Indonesia Dipermalukan di SEA Games

Bendera Terbalik, Indonesia Sudah Dua Kali Dipermalukan di SEA Games

eramuslim.com – Pembukaan SEA Games 2023 di Kamboja mengecewakan Indonesia sebagai salah satu peserta karena bendera Merah Putih terpasang terbalik seperti bendera Polandia.

Peristiwa itu terjadi saat pra-upacara pembukaan di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh pada Jumat (5/5). Hanya bendera Indonesia yang dikibarkan terbalik oleh para penari saat mengiringi penyanyi lokal Kamboja dari 11 negara peserta SEA Games 2023.

Komite Olimpiade Indonesia (NOC) telah mengirimkan surat protes secara resmi bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 pada 5 Mei yang ditandatangani oleh Plt Sekjen NOC, Harry Warganegara, kepada Sekjen NOC Kamboja dan CEO CAMSOC, Vath Chamroeun.

Dalam keterangan Harry, Kamboja sudah meminta maaf atas insiden tersebut dan ia memastikan bahwa kejadian tersebut terjadi saat pra-upacara pembukaan, bukan saat upacara pembukaan resmi.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” kata Harry.

Mirisnya, insiden bendera terbalik bukan kali pertama dialami Indonesia. Pada SEA Games 2017 yang digelar di Malaysia, Merah Putih juga terpampang terbalik. Hal itu terlihat dalam buku panduan yang dibagikan kepada tamu undangan SEA Games 2017.

Sama seperti di Kamboja, kesalahan cetak bendera ini juga hanya terjadi pada Indonesia. Sementara belasan negara peserta tercetak tanpa kesalahan.

 

(Sumber: RMOL)

Beri Komentar