Ungkap Rasa Kehilangan, Jusuf Kalla: Faisal Basri Itu Orang Pintar dan Berani Hadapi Siapa Saja

eramuslim.com – Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK), mengungkapkan rasa kehilangan mendalam atas meninggal dunianya ekonom Faisal Basri. Menurut JK, Faisal Basri adalah sosok ekonom yang pintar, berani, dan konsisten.

“Faisal Basri itu orang pintar, intelektual ekonom yang berani, konsisten, dan juga berani menghadapi siapa saja,” ujar JK kepada wartawan usai melayat di rumah duka Jalan Gudang Peluru, Jakarta Selatan, Kamis, 5 September 2024.

JK menambahkan, tidak banyak tokoh seperti Faisal Basri di Indonesia. Menurutnya, banyak ekonom pintar namun tidak memiliki keberanian, atau sebaliknya, banyak yang berani tetapi kurang dalam kepintaran.

“Faisal memiliki dua kualitas yang jarang ditemukan bersama: kecerdasan dan keberanian. Ini adalah kombinasi yang sangat diperlukan dalam pemerintahan di mana pun,” kata JK.

Ia menilai, sosok seperti almarhum Faisal Basri sangat penting dalam pemerintahan.

“Di pemerintahan mana pun, negara apa pun, membutuhkan sosok seperti Faisal Basri, yang berani mengingatkan dengan tegas, tapi harus didasari dengan ilmiah dan konsisten dengan data,” tambah JK.

“Begitulah Faisal Basri. Tidak banyak sosok seperti itu, dan kita kehilangan hari ini,” lanjut JK dengan penuh haru.

Diketahui, Faisal Basri meninggal dunia di RS Mayapada, Kuningan, sekitar pukul 03:50 WIB. Jenazah almarhum saat ini disemayamkan di rumah duka di Komplek Gudang Peluru, Jakarta Selatan. Rencananya, Faisal Basri akan dimakamkan di daerah Tebet usai shalat Ashar.

 

(Sumber: Fajar)

Beri Komentar