Ulama Asal New York Jelaskan Kondisi Muslim AS

Ulama Asal New York Jelaskan Kondisi Muslim AS

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia menggelar diskusi berjudul “What’s Right with Islam is What’s Right with America: Discussing Islam in the United States”. Diskusi yang berlangsung di pusat kebudayaan AS, @america ini menghadirkan seorang ulama asal New York, AS, Imam Feisal Abdul Rauf.

“Acara ini diselenggarakan untuk menjembatani masyarakat muslim kedua negara, masyarakat muslim Indonesia dapat mengetahui apa yang dilakukan muslim AS dan begitu juga sebaliknya,” ujar Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel di @america, Jakarta, (28/6/2012).

Dubes Marciel menambahkan, bahwa kedatangan Imam Feisal ini dapat membantu meningkatkan pemahaman antar kedua negara (AS-Indonesia).

“Kunjungan Imam Feisal ke Indonesia dan acara diskusi ini dapat membantu meningkatkan pemahaman masyarakat kedua negara. Apa yang tengah terjadi di AS dan juga saling berbagi informasi terkait apa yang tengah terjadi di Indonesia. Ini baik bagi hubungan kedua negara,” tutur Dubes Marciel.

Feisal Abdul Rauf dikenal sebagai Imam dari Masjid Al-Fara yang berlokasi 12 blok dari World Trade Centre (WTC) di New York. Selama ini Imam Feisal gencar menyerukan perdamaian dan saling memahami di masyarakat tanpa membedakan latar belakang, ideologi politik bahkan kewarganegaraan.

Selain dikenal sebagai Imam, Feisal juga menjabat sebagai Ketua dari Cordoba Initiative yakni proyek independen internasional yang bekerjasama dengan pemerintah dan LSM guna mempromosikan hubungan baik antara Muslim dan Barat.

Imam kelahiran Kuwait ini diketahui juga aktif menulis buku. Sejumlah buku yang telah ditulisnya antara lain, A Search for Meaning, Islam: A Sacred Law (What Every Muslim Should Know About Suriah) dan What’s Right With Islam: An New Visin for Muslims and the West.(fq/okezone)