Ulama Aceh Protes Soal Pemondokan Haji

Sekjen Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Tengku Faisal Ali, menyatakan protes kebijakan Departemen Agama (Depag) mengenai penginapan bagi sebanyak 325 calon jamaah calon haji (calhaj) Aceh di tanah suci Makkah Al-Mukarramah.

"Kami mempertanyakan komitmen Menteri Agama yang menyebutkan pelayanan kepada jamaah pada musim haji 2007 lebih baik dari sebelumnya, namun calhaj Aceh tidak memperoleh penginapan di Makkah, "katanya menyusul informasi tentang tidak adanya penginapan calhaj kloter pertama embarkasi Banda Aceh ketika tiba di Makkah.

Menurutnya, sebelumnya berdasarkan infomasi yang diperoleh dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Departemen Agama di tanah suci, bahwa calhaj asal Aceh akan memperoleh pemondokan di kawasan Syieb Amir, berjarak sekitar tiga kilometer dari komplek Ka`bah.

Karena itu, Faisal Ali minta ketegasan Departemen Agama untuk merealisasikan janji yang telah diucapkan kepada calhaj. "Kita butuh komitmen dan kejujuran, apalagi menyangkut masalah ibadah, " tambahnya.

Ia juga minta Pemerintah Aceh untuk melayangkan protes kepada Departemen Agama terkait dengan masalah pemondokan calhaj asal Aceh di Makkah.(novel/mch)