Tolak SKB 3 Menteri, Fauzi Bahar Kritik Keras Nadiem: Jilbab itu untuk Melindungi Anak-anak Kami!

Tolak SKB 3 Menteri, Fauzi Bahar Kritik Keras Nadiem: Jilbab itu untuk Melindungi Anak-anak Kami!

Eramuslim.com – Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri soal seragam sekolah jadi polemik karena memunculkan pro dan kontra.

Pihak yang kontra mengkritisi SKB 3 menteri itu justru menghilangkan keberagaman di Indonesia.

Mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar menilai SKB tersebut terbit pasca kasus jilbab terhadap siswi non muslim di SMKN 2 Padang mencuat.

Menurut dia, SKB ini akan menghilangkan ciri keberagaman di Indonesia.

Dia bilang, daerah yang menerapkan kebijakan seragam di sekolah dengan jilbab sebagai salah satu bukti keberagaman budaya di Indonesia “Pemerintah pusat selalu bicara bhineka tunggal ika. Beragam-ragam. Tapi, SKB ini justru menghilangkan keberagaman itu,” kata Fauzi Bahar, Rabu 17 Februari 2021.

Dia menambahkan, sebagai aktor penting di balik lahirnya SKB ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarin dinilai tak paham dengan esensi pendidikan di Indonesia.

Salah satunya ketidakpahaman dalam mendidik anak-anak agar memiliki akhlak yang baik.

Fauzi mengingatkan Nadiem dalam mendidik itu tak dapat hanya dengan imbauan semata. Harus ada aturan yang membuat peserta didik memahami esensi dari pendidikan itu.

“Mana bisa mendidik itu hanya dengan imbauan. Saya contohnya di pendidikan militer. Ketika latihan dan masuk lumpur, apa itu imbauan? itu perintah,” jelas Fauzi yang juga purnawirawan TNI tersebut.