TNI-AL Siagakan 6 Kapal Perang di Ambalat, Ada Apa?

kobraEramuslim.com – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangko Armatim) Laksamana Muda TNI Darwanto menegaskan, blok Ambalat harus dipertahankan demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Untuk menjaga kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan antarnegara, khususnya Blok Ambalat disiagakan enam KRI,” kata Darwanto di sela-sela kunjungan kerjanya di Markas Lantamal VI TNI AL, Makassar, Rabu (02/3/2016) petang.

Menurut dia, Blok Ambalat harus dijaga ketat, karena memiliki kandungan minyak yang mampu menghidupi masyarakat Indonesia selama 30 tahun.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, tidak boleh lengah menjaga wilayah perbatasan itu, agar kasus lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan tidak terulang kembali.

“Kita tahu bersama bahwa Blok Ambalat itu suatu blok yang isinya minyak bumi yang bisa menghidupi kita selama 30 tahun, jadi kita harus pertahankan dan media massa harus membantu kita semua,” ujar mantan nakhoda KRI Dewa Ruci ini.

Pangko Armatim juga mengingatkan jajarannya dan masyarakat umum tentang pentingnya menjaga perairan Indonesia yang telah menjadi poros maritim dunia.

Dewasa ini yang perlu juga diawasi, lanjut dia, adalah maraknya penjualan dan penyelundupan kepiting betina ke negara tetangga. Hal itu dinilai dapat mengancam keberlangsungan kepiting pada masa mendatang.

“Selain itu, juga perlu mewaspadai masuknya Narkoba melalui pintu-pintu wilayah perbatasan antarnegara seperti Nunukan di Kalimantan dan Miangas di Sultra,” ujarnya.(ts/rn)