TKN Bela Kaesang yang Pakai Private Jet: Sepanjang Bukan Fasilitas Negara atau Uang Korupsi

eramuslim.com – Wakil Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Silfester Matutina membela putra bungsu Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep yang tengah menuai sorotan.

Kaesang menuai sorotan usai istrinya, Erina Gundono menampilkan gaya hidup mewah saat pasangan tersebut berpelesir ke Amerika Serikat (AS).

Salah satu hal yang disorot dari perjalanan Kaesang-Erina adalah penggunaan pesawat jet pribadi ke AS.

Anak dan menantu Jokowi itu diketahui berangkat ke AS menggunakan jet pribadi Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE.

Menurut perusahaan persewaan jet pribadi, Paramount Business Jets, pesawat seperti yang ditumpangi Kaesang-Erina dibanderol dengan harga sewa mulai 13.000 dolar AS atau sekitar Rp200 juta per jam.

Kata Silfester, lumrah bagi Kaesang sebagai pengusaha untuk memakai jet pribadi. Menurutnya, masyarakat Indonesia sekarang banyak yang menggunakan jet pribadi untuk bepergian.

“Saya sendiri juga pengusaha, saya pikir masyarakat banyak juga yang menggunakan private jet. Jadi, bukan dosa besar jika menggunakan private jet, sepanjang tidak menggunakan ini atas fasilitas negara atau uang hasil korupsi,” kata Silfester, Senin (26/8/2024). Dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Silfester mengaku belum berkomunikasi dengan Kaesang usai anak Jokowi itu viral di media sosial.

Namun, kata Silfester, orang dekat Kaesang menyebut Ketua Umum PSI itu berangkat ke AS tidak hanya bersama Erina, juga dengan rekan-rekan sesama pengusaha.

Silfester pun mempersilakan masyarakat melapor jika Kaesang dicurigai menggunakan uang negara atau uang hasil korupsi.

“Menurut saya sih logikanya sangat mustahil ya (Kaesang memakai dana negara), tapi ya silakan aja kalau mau menyelidiki. Karena memang Mas Kaesang ini juga seorang pengusaha dan ada temennya juga yang di private jet itu, mereka memang pengusaha,” katanya.

Gaya hidup mewah Kaesang selama berpelesir ke AS terungkap dari sederet unggahan Erina Gundono di media sosialnya. Unggahan-unggahan Erina pun viral memantik pembicaraan luas di media sosial.

Selain pamer jendela jet pribadi, Erina juga menunjukkan aktivitasnya membeli kereta bayi dan makan roti yang disebut seharga Rp400.000.

Saat ketua umumnya dihujani kritik, Sekjen PSI Raja Juli Antoni menanggapi kritikan yang disampaikan warganet sebagai dinamika demokrasi. Raja Juli menyebut setiap warga negara bebas melontarkan saran dan kritik, termasuk kepada Kaesang.

“Ya, itu bagian dari dinamika demokrasi. Itu adalah kebebasan warga negara yang bisa kita nikmati. Untuk saran, kritik, ya, kadang tajam, terlalu tajam, ya monggo. Itu bagian dari demokrasi,” kata Raja Juli dikutip Kompas.id, Minggu (25/8).

 

(Sumber: Kompas)

Beri Komentar