Terompet Berbahan Al-Quran Juga Diketemukan di Blitar

ini-penyebaran-terompet-sampul-alquran-di-kendal-eTG3SWqfIQEramuslim.com – Terompet berbahan sampul Alquran ternyata juga beredar di wilayah Blitar. Penemuan ini setelah Polres Blitar melakukan razia sejak Senin malam (28/12) hingga Selasa (29/12).

Dalam razia tersebut polisi berhasil menyita 472 terompet dari beberapa penjual sekaligus mengamankan WS, agen terompet warga Desa Mronjo, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar AKBP Muji Ediyanto menjelaskan, 472 terompet itu ditemukan di beberapa tempat penjualan antara lain di wilayah Kecamatan Wlingi dan Kesamben.

“Dan setelah kita telusuri terompet itu didapatkan dari seorang bernama WS, warga Desa Mronjo, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar. Kami langsung cek dan WS langsung kami bawa ke kantor untuk diperiksa dengan status saksi,” kata Muji kepada wartawan.

Ditambahkan Muji, berdasarkan pengakuan WS dia mendapatkan bahan terompet tersebut dari daerah Wonogiri.

“Bahan itu dibelinya pada bulan November kemarin. Dari 15 kilo bahan itu menjadi sekitar 750 terompet yang sudah dijual ke pasaran,” tambah Muji.

Menurut Muji, WS sendiri mengaku tidak ada unsur kesengajaan membeli bahan terompet yang bersampul Alquran itu meski dirinya sempat ragu-ragu jika dikemudian hari akan menjadi masalah.

“Namun karena agen besar di Wonogiri itu mengatakan tidak apa-apa maka WS dan istrinya akhirnya tetap membeli bahan terompet berbahan sampul Alquran. Dan kami sudah berkoordinasi dengan Polres Wonogiri dan si pemilik agen itu sekarang sudah diperiksa. Kapolres Wonogiri AKBP Wendro sudah mengatakan menindaklanjuti persoalan yang ada di Blitar ini,” jelas Muji.

Meski terbukti menjual terompet berbahan dasar sampul Alquran WS dan istrinya belum dikenakan pasal penistaan agama karena dalam hal ini tidak ada unsur kesengajaan.

“Kami katakan kepada mereka para tokoh masyarakat bahwa kami dari Polres Blitar sudah bertindak dan meminta kepada masyarakat untuk tenang. Kejadian ini sudah kami tangani,” pungkas Muji.(ts/merdeka)