Tegaskan Kemkominfo Itu Sangat Penting, Pakar: Presiden Jokowi Nampaknya Tak Paham Tentang Ini

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia - Wikipedia  bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

eramuslim.com – Pakar Komunikasi Universitas Airlangga (Unair), Henri Subiakto menyebut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kerap dianggap sebelah mata Padahal sangat penting.

“Banyak yang tidak tahu pentingnya Kementerian Kominfo untuk menjaga kedaulatan digital Indonesia untuk masa depan,” ungkapnya dikutip fajar.co.id dari unggahannya di X, Senin (8/6/2024).

Kemenkominfo, kata dia punya peran mengelola komunikasi dan informatika. Jika tidak dikelola dengan baik maka berakibat fatal.

“Keliru mengelola dunia komunikasi dan informatika maka negeri ini akan mengalami ketergantungan dan penjajahan dalam bentuk baru oleh Asing,” ucapnya.

Ia menilai, Presiden Jokowi tidak paham hal tersebut. Padahal isu strategis ke depannya ada pada lembaga tersebut.

“Presiden Jokowi nampaknya tidak paham tentang ini atau kalau paham memang sangaja membiarkan kerusakan terjadi. Karena isu isu strategis masa depan kehidupan digital bangsa diserahkan pada orang yang tidak kompeten,” ucapnya.

Belakangan, ia melihat Kemenkominfo dianggap seperti kantor propaganda. Diibaratkan Kementerian Penerangan dimasa orde baru.

“Hanya orang awam dan kuno yang mengira Kominfo itu seperti Departemen Penerangan dulu, yang lebih berfungsi sebagai kantor propaganda. Banyak yang tidak tahu pentingnya Kementerian Kominfo untuk menjaga kedaulatan digital Indonesia untuk masa depan,” pungkasnya.

 

(Sumber: Fajar)

Beri Komentar