Tak Hanya Songong, Netizen Juga Sebut Gibran Cringe di Debat Cawapres Keempat

eramuslim.com – Gibran Rakabuming mendapat banyak tanggapan negatif dari para netizen pasca-debat yang berlangsung pada Minggu 21 Januari 2024 malam tadi.

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 tersebut sempat menjadi trending topik di Twitter atau x, namun kebanyakan postingan bernada negatif.

Hal itu usai aksi Gibran yang menyinggung jawaban Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD dengan gaya mengolok-olok.

Berikut beberapa cuitan warganet:

Umar Al Chelsea: Kalian tahu ucapan ndasmu etik oleh bowo malam ini langsung dipraktekkan oleh gibran di forum yg ditonton jutaan org indonesia. Songong mentang-mentang anak presiden. Sekelas prof mahfud dia olok-olok di depan publik yang menontonnya. Asli gak punya etika.

Faizal Assegaf: Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar alias Gus Imin terlihat makin tegas melabrak anak haram konstitusi yang sangat songong. Si Bocil hanya jago ngeles dan asbun, tak beda dengan Jokowi yang terkenal tipu-tipu. Gibran adalah copy paste politik pinokio jilit dua

Denis Malhotra: Tolol, tengil, sok asyik, dan cringe bangsat! Modelan begini wajib digulingkan sebelum duduk di istana.

Ammar Gill: Gak suka gua liatnya, one of the most respectable people di dunia gua diperlakukan dengan gaya cringe gitu. Jauh lu dari dia, terlalu jauh.

Ini orang mau diambil bapak lu jadi wakilnya dulu, dan ada alasan kuat kenapa dia mau diambil.

Nabiyla Risfa Izzati: Gibran is trying so hard to be savage but idk… it look unnatural and cringe

Kenny: Jatohnya malah ga sopan dan belagu bgt anaknya

Paling Banyak Mendapat Sentimen Negatif

Aksi Gibran Rakabuming Raka tersebut membuatnya paling banyak mendapat sentimen negatif dari netizen di antara para cawapres lainnya.

Berdasarkan data analis media sosial Drone Emprit, menurut pantauan di X periode Minggu (21/1) pukul 19.00-22.00 WIB, Gibran mendapat sentimen negatif terbesar, yakni 60 persen. Sementara, sentimen positifnya 33 persen, dan sentimen netral 7 persen.

“Ini menunjukkan adanya sentimen yang kurang menguntungkan atau permasalahan yang mungkin sedang dihadapi oleh Gibran Rakabuming di media sosial selama jangka waktu yang ditentukan,” kata Ismail Fahmi, founder Drone Emprit dalam cuitannya, Senin 22 Januari 2024.

Cawapres nomor urut 3 Mahfud meraih sentimen negatif kedua terbesar dengan 12 persen, jauh dibanding sentimen positifnya yang mencapai 79 persen, dan 7 persen sisanya netral.

Kemudian, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi sosok yang paling kecil meraih sentimen negatif, yakni hanya 6 persen. Ia mencatat sentimen positif terbesar dengan 80 persen, dan 14 persen lainnya netral.

“Analisis sentimen menunjukkan gambaran yang berbeda dari yang ditunjukkan oleh volume percakapan. Meskipun Muhamin Iskandar dan Gibran Rakabuming memiliki volume percakapan yang hampir sama, sentimen mereka berbeda secara signifikan, dengan Muhamin mendapatkan pandangan yang sangat positif dan Gibran mendapatkan pandangan yang mayoritas negatif,” ujar Ismail.

“Sementara itu, Mahfud MD, meskipun memiliki volume percakapan yang lebih rendah, memiliki pandangan yang mayoritas positif yang menunjukkan kualitas daripada kuantitas dalam hal sentimen online. Ini menunjukkan pentingnya tidak hanya jumlah penyebutan tetapi juga kualitas percakapan yang terjadi di media sosial,” lanjut dia.

 

(Sumber: Pojoksatu)

Beri Komentar