Syahganda Nainggolan: Jangan Kasihani Habib Rizieq

Syahganda (kanan) berama Habib Riziek di dalam tahanan.

Eramuslim.com – Mantan tahanan politik UU ITE, DR Syahganda Nainggolan, mengatakan, para pendukung Habib Rizieq jangan terlalu khawatir berlebihan dengan mengasihaninya.

Sebab, selaku sesama tahanan dan beberapa kali bertemu bersama Habib Rizieq, dia terlihat biasa saja dan selalu gembira.

“Tak usah dikasihani beliau. Dia biasa saja. Setiap hari bila ketemu selalu tersenyum. Dia juga memberi pengajian di mushala kecil tempat tahanannya bersama para tahanan narkoba. Dia selalu sehat dan gembira,” kata Syahganda ketika dihubungi mengaku tengah berada di Pantai Noordwijk, Belanda (16/11).

Syahganda mengatakan, aktivitas Habib Rizieq setiap Subuh juga selalu sama. Dia memberikan pengajian kepada para sesama penghuni sel. Para aktivis FPI yang berada dalam tahanan sering pergi ke selnya untuk mengikuti pengajiannya.

“Saya memilih tetap dalam sel, tapi saya tahu aktivitas dia setiap Subuh.”

Menjawab pertanyaan apakah sel tahanan Habib Rizieq berada di bawah tanah? Syahganda dalam soal ini kemudian membenarkannya.

“Tahanan saya bersama Habib Rizieq berada di lantai basement yang seharusnya menjadi tempat parkir. Memang tak masuk sinar matahari. Listrik selalu menyala. Fasilitas WC kamar mandi kerap macet. Sel Habib Rizieq berada di kamar nomor 1, sedangkan saya berada di sel 15. Jadi, sama-sama di basement,” kata Syahganda.