Suara PSI Melejit Naik, Grace Natalie: Efek Kaesang jadi Ketum

eramuslim.com – Kenaikan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) di Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) DPR RI, seperti tertera dalam laman berikut https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdpr/hitung-suara, ramai diperbincangkan oleh warganet dalam beberapa waktu terakhir.

Menurut Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, survei internal juga menunjukkan suara mereka di atas 4 persen.

4 persen adalah ambang batas untuk menuju kursi DPR (parliamentary threshold).

“Optimisme kami berasal dari tren positif elektabilitas PSI selama 6 bulan terakhir. Survei internal juga menunjukkan PSI melewati 4 persen. Perolehan kursi di daerah-daerah (DPRD provinsi dan kabupaten) juga naik signifikan,” kata Grace dalam keterangan tertulis, Minggu (3/3/2024).

“Di Jakarta naik, di Papua naiknya bahkan sampai 300 persen, NTT 400%, Maluku 600% dan banyak lagi,” jelasnya.

Tak hanya itu, di markas banteng (PDIP) seperti Solo, menurut Grace, suara PSI juga menanjak.

“Di Solo naik 5 x lipat, Semarang, Tangsel naik semua,” katanya.

Lalu, apa faktor pendongkrak suara PSI?

Grace yang juga nyaleg lewat Dapil Jakarta III ini mengatakan, faktor utamanya adalah kehadiran putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

“Saya pikir ada efek dari Mas Kaesang sebagai ketum,” ujar dia.

Sebelumnya, pengguna akun media sosial X, @overgassedmk12, mencuit soal perbedaan suara PSI di Sirekap dan foto dokumen formulir Model C.Hasil Plano pada Sabtu (2/3), pukul 16.11 WIB.

“Karena banyak yang nemu kejanggalan suara PSI, akhirnya aku nyoba nyari sendiri di sekitaran Daerah Istimewa Yogyakarta.

TPS 020 Wonosari, Wonosari, Gunungkidul, D.I.Y Web KPU: 31 C Hasil: 5″

Cuitan tersebut hingga Minggu pukul 16.40 WIB telah disukai 11 ribu akun, dikutip 5 ribu akun, dan mencapai impresi sebanyak 892,3 ribu tayangan.

Adapun berdasarkan laman https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdpr/hitung-suara pada pukul 16.40 WIB, PSI memperoleh 2.403.316 suara atau 3,13 persen di Pileg DPR RI.

 

(Sumber: Tvone)

Beri Komentar