Soroto Kabinet Prabowo, Gigin Praginanto: Hanya Ganti Pembohong di Istana

 

eramuslim.com — Pengamat Kebijakan Publik Gigin Praginanto menyampaikan kritik tajam terhadap susunan kabinet Presiden Prabowo Subianto yang baru saja dilantik.

Dikatakan Gigin, formasi kabinet Prabowo diisi oleh orang-orang yang memiliki masalah, dan ini berdampak buruk bagi masa depan Indonesia.

“Kabinet gendut diisi orang-orang bermasalah. Kasihan Indonesia,” ujar Gigin dalam keterangannya di aplikasi X @GiginPraginanto (21/10/2024).

Ia menyebut pergantian kekuasaan di istana hanya seperti mengganti satu pemimpin yang bermasalah dengan pemimpin lain yang juga tidak jauh berbeda.

“Satu pembohong telah pergi dari istana, digantikan oleh pembohong lain,” cetusnya.

Gigin mengatakan, antara Jokowi dan Prabowo merupakan sosok yang sama. Mereka hanya dibedakan oleh gaya yang ditampilkan.

“Mereka cuma beda gaya meski isinya sama saja. Yang satu sok bergaya sederhana, penggantinya sok patriot,” Gigin menuturkan.

Gigin juga menilai proses penyusunan kabinet lebih fokus pada pembagian kekuasaan politik di antara elit, dibandingkan dengan upaya untuk menyejahterakan rakyat.

“Penyusunan kabinet sekarang ini mirip pepatah berbagi kursi lebih dulu, berbagi kesejahteraan rakyat kemudian,” imbuhnya.

Ia memperingatkan bahwa dalam situasi ini, rakyat akan semakin terpinggirkan, dan ketika terjadi kesulitan, yang akan disalahkan adalah para pengkritik kebijakan.

“Kalau ternyata rakyat makin susah, salahkan tukang kritik,” tandasnya.

Gigin kemudian memberikan gambaran bahwa kondisi pemerintahan saat ini seperti mengganti satu masalah dengan masalah lain.

“Menyingkirkan penyakit dengan penyakit lain. Itulah yang sedang terjadi saat ini. Korbannya tetap rakyat,” kuncinya.

(sumber: fajar)

Beri Komentar