Soal Target yang Gagal Terealisasi, Jokowi: Tidak Semua Bisa Kami Kerjakan

eramuslim.com – Presiden ke-7 Joko Widodo telah resmi purnatugas sebagai kepala negara pada Minggu, 20 Oktober 2024. Jokowi memimpin Indonesia selama dua periode, yakni 2014-2019 dan 2019-2024.

Estafet pemerintahan kini dilanjutkan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto selaku presiden terpilih. Prabowo didampingi oleh putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang menjadi wakil presiden terpilih.

Usai menjabat selama satu dekade, Jokowi memutuskan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. Jokowi dan istrinya, Iriana Joko Widodo, diantar oleh Prabowo Subianto dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Jokowi dan Iriana terbang menggunakan pesawat Boeing milik TNI Angkatan Udara atau AU, dari Jakarta menuju Bandara Adi Soemarmo, Solo. Pesawat kenegaraan yang membawa Jokowi itu lepas landas sekira pukul 15.06.

Sebelum meninggalkan Jakarta, Jokowi sempat menyapa segelintir kelompok relawannya, Pertiwi Indonesia, dan para menteri kabinetnya. Jokowi turut berbicara kepada awak media di Lanud Halim Perdanakusuma.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan berbagai persoalan yang terjadi selama masa pemerintahannya tidak seluruhnya dapat dikerjakan. Menurut dia, keinginan dan cita-cita masyarakat sangat banyak.

“Dengan seluruh persoalan-persoalan yang ada, keinginan besar, tidak semua bisa kami kerjakan,” katanya di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Karena itu, Jokowi menitipkan harapan dan cita-cita masyarakat itu kepada pemerintahan selanjutnya. Dia mendoakan supaya Prabowo sebagai kepala negara diberikan kesehatan serta kekuatan untuk memimpin negara.

(Sumber selengkapnya: Tempo)

Beri Komentar