Soal Bendera Indonesia yang Kebalik Saat Pembukaan SEA Games 2023, Kamboja Minta Maaf

eramuslim.com – Kejadian bendera Indonesia yang terbalik kembali terjadi pada SEA Games 2023 yang berlangsung di Kamboja. Insiden ini terjadi pada upacara pembukaan SEA Games 2023 di Stadion Nasional Marodok Techo, Phnom Penh, Kamboja pada Jumat (5/5/2023).

Pada sesi hiburan, seorang penyanyi lokal tampil dan beberapa penari membawa bendera peserta SEA Games 2023. Namun, terjadi kejadian yang tidak biasa saat bendera Indonesia terbalik.

Melihat hal tersebut, Raja Sapta Oktohari dari Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023.

Pihak tuan rumah segera meminta maaf dan memastikan bahwa kejadian serupa tidak terulang pada upacara pembukaan SEA Games 2023. Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Harry Warganegara, mengonfirmasi hal tersebut.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” kata Harry dilansir dari Antara, Sabtu (6/5/2023).

NOC Indonesia mengirimkan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

“NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techno National Stadium, Phnom Phen,” tulis Harry dalam surat tersebut.

“Penempatan bendera kami yang terbalik tidak dapat diterima karena kami telah memberi tahu CAMSOC berkaitan dengan pemasangan bendera Indonesia yang telah disetujui sebelumnya. Kami berharap ada perbaikan yang dilakukan pada Opening Ceremony dan menanti tindakan cepat Anda.” Jelasnya.

Kejadian ini sendiri bukan pertama kalinya terjadi untuk Indonesia di ajang pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara ini.

Saat SEA Games Malaysia 2017 lalu. Saat itu, Indonesia tercetak terbalik di buku panduan kegiatan.

Kejadian itu sempat bikin heboh, sampai membuat masyarakat Indonesia marah. Pemerintah Malaysia langsung meminta maaf atas kelalaian itu.

Pada ajang Sea Games 2023 yang berlangsung di Kamboja, diikuti 11 negara, dengan sekitar 6.211 atlet yang berpartisipasi.

Tim merah putih sendiri mengirim 599 atlet, yang terbagi ke berbagai macam cabang olahraga.

 

(Sumber: Fajar)

Beri Komentar