Sindir Fufufafa? Anies: Ngatain di Medsos Terus Lupa Password, Masalah Luar Biasa

eramuslim.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyinggung penggunaan media sosial secara bijak agar terhindar dari masalah di kemudian hari.

Anies menyampaikan hal tersebut kala menjadi narasumber acara dialog bersama mahasiswa tentang Kepemimpinan Anak Muda di Era Digital yang diselenggarakan di Pendopo Wisma Kagama, Kompleks UGM, Sleman, DIY, Senin (9/9).

Anies mulanya oleh moderator diminta memberikan saran buat generasi muda yang mencoba kritis lewat media sosial, namun justru terjerumus dalam cara-cara negatif, semacam ujaran kebencian atau hate speech, perundungan, dan lain sebagainya.

“Gampang aja, sudah ada contohnya. Jangan ditiru, nanti anda akan dapat masalah di kemudian hari. Betul nggak?” kata Anies.

“Jadi gunakan (media sosial) ini dengan bertanggung jawab. Kalau hari ini anda ngatain apa saja di sini, apalagi lupa password, anda akan mendapat masalah yang luar biasa, bener enggak?” tanya Anies disambut riuh peserta acara.

Kata Anies, lain halnya ketika media sosial dipakai secara bijak untuk menyuarakan gagasan, pikiran, serta kepedulian sosial. Dengan demikian, seseorang tak akan pernah khawatir ketika digali aktivitas masa lalunya di media sosial.

“Tapi kalau yang anda tulis di sini adalah gagasan, yang anda tulis di sini adalah pikiran ke depan, kepedulian, sampai kapan pun anda tidak akan pernah takut untuk di-review atas apa yang semua anda tulis hari ini,” imbuh mantan capres 2024 itu.

“Jangan sampai anda tulis hari ini nanti anak cucu malu,” lanjut dia.

Belum lama ini ramai di media sosial khususnya di X (Twitter) soal warganet yang membagikan sejumlah unggahan akun Kaskus ‘Fufufafa’. Akun tersebut kerap berkomentar negatif terkait Prabowo Subianto.

Komentar negatif itu dibuat akun Fufufafa pada 2014-2019. Sepanjang waktu itu, Prabowo merupakan rival Jokowi dalam Pilpres 2014 dan 2019.

Sejumlah netizen menduga akun tersebut milik Gibran Rakabuming. Mereka mencocokkan media sosial yang tertera di Kaskus tersebut dengan cuitan Kaesang Pangarep.

Adapun akun yang tertera di Kaskus tersebut di antaranya: “Prime ID: Raka Gnarly (lupa password, gak bisa log in). Nama: Raka. Twitter: @rkgbrn”.

Di cuitan lain, ada netizen yang mencocokkan kalau akun Twitter yang tertera itu pernah disebut akun Twitter milik Kaesang Pangarep.

“Selamat ultah ibuk sama mas @rkgbrn,” bunyi cuitan Kaesang pada 2011 yang ditemukan netizen.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming menjadi pemenang Pilpres 2024. Keduanya telah resmi ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden.

Sementara itu Staf Khusus Presiden Grace Natalie telah merespons isu tersebut. Politikus PSI tersebut, mengatakan akun Kaskus yang ramai disebut punya Gibran itu belum tentu benar.

“Kan, belum pasti ya, enggak tahu punya beliau atau enggak,” kata Grace di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9).

Ia enggan berkomentar lebih jauh. Menurut Grace, dugaan itu harus diverifikasi lebih lanjut.

Dua bakal calon gubernur DKI Jakarta, yakni Ridwan Kamil (RK) dan Pramono Anung juga sempat kena masalah gara-gara cuitan lama mereka di Twitter. Yang diungkit netizen itu ada yang masih bertahan ada yang sudah terhapus.

Netizen menyebut sebagian cuitan RK seksis, misoginis, dan mesum. Sementara, warganet menganggap cuitan lama Pramono menjurus ke hal porno.

 

(Sumber: Cnnindonesia)

Beri Komentar