Siap-Siap, Rupiah Akan Meluncur Bebas Tembus Rp.15.000

JOKOWI JK DOLAR_0Eramuslim.com – Ancaman pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS, bakal semakin dahsyat. Pada sesi pertama hari Senin kemarin (14/09) berdasar data Blomberg, Rupiah makin menjauh dari level Rp 14.300. Hingga pukul 10.00 WIB kemarin pagi, Rupiah berada di level Rp 14.325, turun 3 poin dari penutupan akhi pekan lalu.

Rupiah pun diperkirakan akan semakin tertekan dan bakal menembus level Rp 15.000. Pasalnya, keputusan otoritas moneter Amerika Serikat menaikkan suku bunga tak terbendung lagi, akibat rencana China melempas surat utang (obligasi) yang diterbitkan AS. Nilainya mencapai US$ 1,3 triliun atau sekitar  Rp 50.400 triliun.

China menjadi negara terbesar pemegang obligasi pemerintah AS dan menjadi salah satu tumpuan pemerintah AS untuk menutup defisit anggarannya. Hampir pasti akan segera menjual surat utang tersebut karena sedang membutuhkan uang tunai untuk menstabilkan pasar keuangannya.

Prediksi bahwa China akan menyetop pembelian surat utang pemerintah AS, menimbulkan kekhawatiran, biaya bunga utang pemerintah AS akan makin meningkat ke depan. Karena itu, bank sentral AS, Federal Reserve (The Fed) diprediksi bakal menaikkan bunga acuannya pekan ini, sehingga surat utang pemerintah AS bakal menarik untuk investor.

“Jumlah dana asing yang keluar dari China melonjak dan yuan ikut tertekan. Satu-satunya yang bisa dilakukan China adalah menjual surat utang untuk membeli mata uangnya sendiri,” kata analis, Walter Zimmerman dilansir dari CNN, Senin (14/9).(rd/fastnewsindonesia)