Setujui Pansus JIS, Mandalika Juga Harus di Audit, Geisz Chalifah: Jadi Tahu Mana yang Digarong dan Siapa Malingnya

eramuslim.com – Geisz Chalifah menanggapi pembentukan panitia khusus (pansus) untuk melakukan audit pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Ia menyebut jika ingin melakukan audit JIS maka juga harus melakukan audit pembangunan Sirkuit Mandalika yang diduga juga mengalami kerugian negara yang cukup besar.

“Saya setuju dibuat Pansus untuk JIS, JIS gunakan pinjaman dana PEN bukan Hibah. Mandalika minta PMN. Mandalika berhutang 4.6T,” tulis Geisz dilansir fajar.co.id dari twitter pribadinya, Rabu (12/7/2023).

Geisz menuturkan, di balik gemerlap event balapan di Sirkuit Mandalika, rupanya meninggalkan kerugian bagi Indonesia. Untuk WBSK rugi Rp100 miliar, dan MotoGP merugi Rp50 miliar.

Tak hanya rugi, gagal balik modal ini juga menyumbang utang Rp4,6 triliun yang dipikul InJourney selaku holding BUMN Pariwisata pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Selidiki keduanya (JIS dan Mandalika) hingga tuntas. Agar kita semua tahu, mana yang digarong dan siapa malingnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo mendesak audit total diperlukan terhadap keberadaan dan pembangunan JIS yang telah menelan anggaran Rp4,5 triliun.

Audit total dari perencanaan hingga pembangunan tersebut diperlukan, apalagi telah ada klarifikasi pihak Buro Happold selaku perusahaan jasa desain, rekayasa dan konsultansi asal Inggris, dengan menyatakan tidak terlibat dalam pembangunan JIS di Jakarta.

Dengan audit total itu, nantinya akan ditemukan penanganan terkait sarana dan prasarana JIS lebih lanjut baik secara jangka pendek atau panjang.

“Ada malpraktik dalam perencanaan dan pembangunan stadion JIS. Tidak mengherankan jika banyak sekali kekurangan fasilitas stadion JIS dan jauh dari standar internasional sebagaimana mestinya,” kata Dwi Rio Sambodo melalui pesan singkat diterima wartawan, Senin 10 Juli.

Dikatakan politikus PDI Perjuangan ini, fraksinya akan mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk mengusut permasalahan JIS kepada pimpinan DPRD DKI Jakarta.

“Harus bentuk pansus JIS jika dipandang perlu, apalagi ini sudah menggunakan banyak uang rakyat, sekitar Rp 4,5 triliun dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan APBD DKI Jakarta,” ungkapnya.

Pihak Buro Happold menyebutkan, pembangunan JIS tidak sesuai dengan panduan konsep yang mereka buat.

“Tidak pernah pula mendesain stadion ini,” kata Buro Happold dalam keterangan tertulisnya.

Ditegaskan juga pihaknya setelah mengidentifikasi beberapa aspek, ternyata tidak sesuai dengan panduan konsep desain orisinal dari Buro Happold. (Sumber: Fajar)

Beri Komentar

55 komentar

  1. Ada pansus JIS juga hrs ada pansus Mandalika, di Indonesia ini mana ada proyek yg tdk dikorupsi

  2. Nah judah ada tantangan bagaimana PDIP dan PSI yg selalu lantang segera adakan Pansus dan audit total suapaya tidak jadi polemik

      1. Ini memang hanya untuk menjegal Anies, karna tidak perlu menjadi tersangka, di panggil KPK pun membuat sudah menjadi rencana mereka untuk menurunkan popularitas Anies.
        Yang ke 2 hanya untuk menutup aib Mandalika yang hanya meninggalkan kerugian , hutang 4,6T , mana yang lebih penting di audit ??? Atau silahkan ke 2 nya di audit

        1. Terlalu bermuatan politis.. menandakan politik di indonesia masih amatiran ??? masih seperti anak TK ? anies selalu dicari kesalahannya ?? kasihan kau nis ??

      2. Hahaha…kerugian Mandalika malah melebihi modal pembangunan JIS. Manusia2 busuk dan dungu di negeri gk nyadar2 mana yg terindisi maling uang rakyat. Bentuk pansus keduanya biar ketahuan siapa malingnya. Muka2 tembok ini biar gk nyinyir terus. Bangsat.

    1. Kalo Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), adalah kehadiran pemerintah utk meningkatkan pendapatan masyarakat Nusa Tenggara, (Seperti membangun bendungan, kapan negara IMPAS pengeluarannya??) NGGAK BISA APPLE TO APPLE dengan JIS dong. Ini yang musti dilihat secara fair…. Gimana menurut PENDAPAT PARA AHLI DISINI???

  3. Klo gw mending piala dunia U17 jng di adakan disini. Soalnya olah raga direcokin sama masalh politik … ribed …

  4. Ada saatnya maling teriak maling. Ada saatnya manusia bermata tapi tak bisa benar2 melihat, bertelinga tapi tak bisa benar2 mendengar, berhati tapi tak bisa merasakan. Semoga Allaah melindungi NKRI dari kedholiman dunia. Aamiin

  5. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), JELAS BEDA dengan kasus JIS, KEK adalah kehadiran pemerintah untuk meningkatkan pendapatan rakyat Nusa Tenggara… Gak bisa apple to apple ama JIS.. Nah gimana menurut pengamat yang hebat-hebat disini???

    1. Emng pndapatan apa yg mningkat???
      Mau dibandongin dgn apa??dengan e prix yg jlas untung dan tidak ninggalin utang..
      Yg fair tu saling mnghagai karya orang lain..
      Bukan mnjatuhkan..
      Rezim skarang bisa naik jg karna ada andil anies.
      Sebagai jurkam..

  6. Yang namanya Mark up pasti ada bahkan proyek sebesar apapun pasti ada tetapi tidak sedahsyat JIS. Kalau yg sdh pernah ke JIS, pasti komentarnya negatif krn banyak bangunan yg asal bangun, contohnya yg jelas gerbang utk masuk pemain naik bis…. Masa gerbangnya kecil banget (ini salah satu yg jelas2 terlihat). Belum lagi rumput, ruang ganti, WC dll, tdk sesuai bangunan bertaraf internasional. Tapi bagi yg belum kesana lalu berkomentar & percaya omongan orang lain, itu sama juga fitnah. Mandalika seandainya ada yg korupsi tetapi bangunannya bertaraf internasional sesuai peraturan jadi tertutup dengan hasil akhir yg sepadan. Klo yg pernah kesana, pasti takjub, namun yg belum kesana, cuma bisa telan ludah…. Jadi terlihat sekarang, mana yg bisa kerja & tdk bisa kerja, mana yg banyak ngomong dgn yg irit ngomong…

    1. Berarti menurut lu korupsi dibenarkan dong di mandalika.
      Sebelum nulis komentar belajar dulu donk, malu maluin

    2. Hai beny.
      Belajar dulu sebelum nulis komentar.
      Berarti menurut lu , sah sah saja ya korupsi itu..
      Duh dangkal bikin narasinya

    3. Ndak usah banyak komen, irit komen aja.. intinya Semuanya harus diaudit.. orang Mandalika JELAS² merugikan negara Trilyunan masih aja ente bela.. aneh.. #mikir

      1. Mumpung ramai nich…. Kacang kacang kacang kacang kacang… Aqua Aqua Aqua Aqua…

        Prabowo R1 2024…???

  7. Miris kehidupan bangsa ini yg setiap sendi kehidupan senantiasa dipertontonkan drama pertikaian. Kami di lapisan bawah sangat merindukan akan kedamaian sebagaimana zaman Bapak Pembangunan Soeharto. Tak ada cebong dan kadrun, tak ada pamer kepemilikan harta di tengah keluhan lapar (walau ga ada BLT), serta kehidupan masyarakat pedesaan yg guyub dan rukun. Apakah semua ini terjadi karena dominasi politik di negeri ini? Coba kita hayati bersama dan ingat perilaku kita sebesar biji dzahroh-pun akan dipertanggungjawabkan kelak.

    1. Perbedaannya jaman dulu belum ada hp android… beda jaman sekarang anak sd udah pegang hp android ikut2 komen tapi ga jelas…

  8. Seruju orang PDIP dan PSI jgn hanya banyak bacot…Mandalika.JIS dan Kereta Cepat sekalian….jgn semut diseberang lautan kelihatan Gajah didepan mata gak kelihatan….silahkan ke 3 nya diabuatkan Pan sus dan audit Rakyat sangat setuju.

  9. JIS sekarang milik pemerintah karena dibangun dengan uang pemerintah, bukan milik Anies dan pendukungnya. Jadi mau diapakan pemerintah ya biarin aja, gak usah ada yg komen. Geize Khalifah itu kadrun Yaman banget belain Anies sesama kadrun Yaman.

    1. Yg banyak koruptor itu pdip dan cina cina aseng. Knp lu nyalahin kadrun??
      Audit semua kalo kalian punya akal sehat dan bukan jadi pengecut

    2. Betul broo irang indonesia itu kepo….ternyata yg di tunjuk desain G ngakuin stadion kelas GBLA aja cuma habis 496 milyar ini stadion bisa 4,5 T

  10. Kalau gak salah gak usah takut klo diaudit, klo masih berkelit orang bisa curiga ada apa denganmu

    1. sdh dibilang silahkan diaudit berarti ga takut foemula e jg silahkan diaudit sampe skrg ga ktmu indikasi korup kalo usul mandalika diaudit kok berang ga perlu takut pdhl bukan elo yg dpt proyek

  11. Bnyk proyek pk presiden yg gagal kenapa ndk d sudit, klo soal bangun acuannya Gambr rencana bukan standrt diluar gmbr rencana

  12. Mandalika juga perlu di audit, agar pendukung rezim gk banya bacot jika bertaraf internasional. Wong yo gk pernah kesana juga aja koq, cuma fanatik buta aja

  13. Bagus … Mandalika hrs di audit di perlu pembentukan pansus..
    Pemerintahan skrg byk pencitraan byk di dramatisir..
    Ngomong bantu rakyat, tp sengsarain rakyat.. BBM naik, hasil pangan naik byk impor2 yg berdatangan…hadeeewh +62…muke kile Luh bonk cebonk dungu…byk utang nih negara….

  14. Mandalila lebih ke pengembangan wisata dan jauh lebih besar, dan saya sdh merasakan disana sangat ramai krn ada pantainya, dan byk pemandangan indah walau sirkuit rugi bagi masyarat di sana kawasan di sana jadi indah jalan bagus walaupun tdk ada yang balapan tapi ramai sekarang

  15. Kalo udh deket pemilu ini semua pada nysti panggung….. dulu waktu formula E gaduh ga keruan…., giliran Formula E kemaren…..mingkem…moncong ntar disimpen kemana… .. politikus basi…..

  16. Tenggelamkan selama lamanya Congor Moncong Monyong, isi maling, garong duit rakyat….pembuat derita rakyat tiada akhir

  17. Yg selama ini bilang paling NKRI, paling Pancasila dll sebenarnya ini Partai yg selalu bikin Gaduh, bikin perpecahan dan wakilnya byk tukang Garong

  18. Audit JIS dan Ancol spy mr.Geizs yg selalu membabi buta berkoar-koar ngga jelas ini diam.Mr.Geizs sirkuit mandalika dibangun dgn biaya besar yg dibangun bukan hanya sirkuitnya saja tapi hotel insprastruktur. Silahkan yg berkompoten audit semua spy jelas semuanya

  19. Klau ga mrasa salah,knp hrus mngajukn syarat. Pd dasarnya smua hrus diaudit klau ada kcurigaan dn ada bukti awal sbg pintu masuk unt mngusutnya. Ga perlu mngajukn syarat klau pembangunan A diusut,hrus jg pembangunan B diusut. Klau mau ajukan sj bukti awal spy pngak hukum mngusutnya. Andai renovasi tdk dibawa keranah politik olh para pndukung Anies,mk mslah BH pun tdk akan trungkap,Krn BH ga akan mnghapus yg mnimbulkn kcurigaan

  20. Orang banteng emng bgitu prilakunya..
    Seolah² hnya grombolan mreka yg bisa ngatur negara..
    Jadi pnguasa atau oposisi sma² bisa korup..

  21. Ha ha ha kalau tak ada masalah kenapa takut ,orang masuk jurang apa mau ikut juga masuk , ada aneh orang isteri banyak awak mau juga. Edan

  22. PDI Perjuangan hanya tau dg kesalahan orang lain tapi tdk tau dg kesalahan partainya sendiri,Ada banyak politikus PDI Perjuangan yg terlibat korupsi di negeri ini, salah satu nya harun masiku… Kenapa tdk membuat pansus tentang orang korupsi di PDI Perjuangan… Partai yg mencuri uang rakyat, partai yg selalu menyalahkan orang lain…

  23. Semua di pansus…mandalika, JIS, Sumur resapan, beras bansos, formula E, rumah DP 0%, reklamasi, ancol, dll…