Seperti Paus Fransiskus, Jokowi Juga Sering Pakai Innova Zenix Kata Istana

eramuslim.com – Istana Kepresidenan mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo terbiasa menggunakan Toyota Innova Zenix. Sebelumnya, Jokowi menggunakan kendaraan tersebut saat pulang ke Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu, 4 September 2024.

Mobil jenis tersebut dipakai Paus Fransiskus selama kunjungan apostolik di Indonesia. Deputi Protokol dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan berganti kendaraan adalah hal yang biasa dilakukan Presiden Jokowi.

“Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito (privat), sering sekali beliau menggunakan kendaraan innova,” katanya melalui pesan singkat kepada Tempo pada Rabu, 4 September 2024.

“Fortuner juga sering digunakan saat kunjungan kerja ketika medannya berat.”

Sebelumya, foto tangkap layar Innova Zenix berwarna hitam berpelat RI-1 tersebar di grup perpesanan wartawan. Yusuf membenarkan kendaraan tersebut dinaiki Jokowi.

Pada Rabu pagi, Presiden Jokowi menerima kunjungan Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta. Kepala negara memang terbiasa tinggal di Bogor. Namun, untuk urusan pekerjaan, Jokowi berkantor di Jakarta.

Paus Fransiskus menolak menggunakan mobil kepresidenan bermerek Mercedes-Benz. Paus ingin panitia menyiapkan mobil yang biasa digunakan oleh masyarakat di Jakarta.

Hal ini terlihat saat Fransiskus menuju Bandara Soekarno Hatta menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta Pusat. Begitu juga saat Paus bertemu dengan Jokowi di Istana Jakarta.

Sejak April 2024, ketika Vatikan mengumumkan bahwa Paus Fransiskus akan bertandang ke Indonesia, Nuntio Apostolik atau Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia mempersiapkan segala kebutuhan kedatangan Paus.

Nuntio Apostolik di Indonesia telah berkomunikasi dengan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sebagai panitia penyelenggara perjalanan kerasulan Paus. Ketua KWI, Uskup Anton Subianto, mengatakan Nuntio beberapa kali menyampaikan pesan bahwa Paus menolak hal-hal yang eksklusif.

Anton mencontohkan, soal tempat tinggal, Fransiskus meminta agar panitia menyiapkan kamar istirahat yang sederhana. “Paus akan tinggal di Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia. Di sana ada satu kamar yang disiapkan. Kamarnya biasa, sederhana, tapi bersih,” kata Anton kepada Tempo saat dihubungi pada Senin, 26 Agustus 2024.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengapresiasi sikap Paus Fransiskus yang memilih untuk sederhana.

“Di tengah kesibukan dan jadwal yang padat, Paus Fransiskus berkenan berkunjung ke Indonesia dengan menggunakan pesawat komersial dan menempuh perjalanan jauh,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa, 3 September 2024.

 

(Sumber: Tempo)

Beri Komentar