Semua Guru Bantu Diangkat Jadi CPNS Tahun Ini

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) Taufik Efendi memutuskan pada 2007 ini semua guru bantu diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Berita gembira bagi guru bantu itu disampaikan MenPAN pada pembukaan Rakornas Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur, di Hotel Sahid Jakarta, Rabu (11/7).

"Formasi CPNS tahun 2007 ini sebanyak 300 ribu orang, dengan rincian 250 ribu CPNS akan ditempatkan di daerah dan 50 ribu ditempatkan di pusat. Itu pun masih dirinci lagi dari 250 ribu yang di daerah, 220 ribu diangkat dari tenaga honorer, dan 30 ribu benar-benar CPNS baru. Sedangkan yang 50 ribu yang untuk pusat rinciannya 25 ribu diangkat dari tenaga honorer sedangkan 25 ribu benar-benar baru, " ujar Taufik.

Selanjutnya, katanya, sistem penyelenggaraan rekrutmen pegawai sepenuhnya diserahkan dan menjadi tanggungjawab para pejabat pembina kepegawaian yang bersangkutan, dengan tetap memperhatikan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan pemerintah pusat.

Selain itu juga dikeluarkan kebijakan tidak ada ujian nasional (UN) bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS), sementara untuk rekrutmen kewenangan sepenuhnya berada di tangan pemerintah daerah.

Menurutnya, pemerintah pusat hanya memberikan norma standar serta formasi standar yang diberikan terutama kebutuhan pelayanan dasar, seperti guru, tenaga medis, petugas lapangan kesehatan, petugas lapangan pertanian serta tenaga teknis yang lain.

"Hal ini penting mengingat terdapat instansi atau daerah yang jumlah komposisi dan distribusi PNS-nya tidak proporsional dibandingkan dengan jumlah penduduk yang dilayani, " imbuhnya. (dina)