Seluruh Pantai di Indonesia Perlu Dipasang Early Warning System

Ketua Fraksi PAN DPR Abdilah Toha mengusulkan perlunya segera dibangun perangkat permanen tentang sistem peringatan dini (early warning system) terhadap berbagai bencana khususnya tsunami di sepanjang pantai wilayah Indonesia.

“Ini sangat penting karena wilayah Indonesia yang luas dengan garis pantai yang panjang sehingga potensi bencana tsunami itu selalu ada dan harus diwaspadai, "ujar Abdillah saat interupsi pada rapat paripurna di gedung DPR Jakarta, Selasa (18/7).

Melalui sistem tersebut, katanya, ke depan persoalan korban akibat bencana tsunami bisa diminimalisir. "Mestinya pemerintah menjadikan masalah ini sebagai prioritas, setidaknya pasca tsunami Aceh hal ini harus menjadi proyek yang penting diadakan,” sarannya.

Ide serupa disampaikan anggota DPR dari FPDIP Ario Bimo. Menurutnya dengan adanya bencana yang menimpa negeri ini DPR harus segera mengagendakan pertemuan konsultasi dengan presiden untuk membahas berbagai masalah bencana.

“Soal bencana harus dibahas DPR dengan Presiden langsung karena meski sudah berkali-kali terjadi bencana, soal penanganan selalu jadi masalah yang tak kunjung bisa diselesaikan,” katanya.

Ia mengungkapkan, distribusi bantuan yang lamban, pembangunan infrastruktur dan berbagai persoalan selalu menjadi masalah klasik yang tak tuntas dan tak bisa hanya diserahkan kepada menteri-menteri teknis saja, karena kenyataannya persoalan selalu muncul.

Melalui pertemuan tersebut diharapkan masalah-masalah yang muncul dalam penanganan bencana akan segera bisa diatasi bukan seperti sekarang yang terus bermasalah dan lamban. (dina)