Sekjen PBB Kirim Tim Kemanusiaan Gempa Bengkulu

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa gempa bumi yang terjadi di lepas pantai Sumatra, Indonesia. Ia juga mengkhawatirkan kemungkinan terjadi tsunami sebagai akibat yang ditimbulkan gempa tersebut.

Untuk itu, Sekjen akan satu tim PBB yang berada untuk memberikan bantuan kepada korban gempa bumi.

"Satu tim dari Banda Aceh, yang terdiri atas anggota dari Kantor bagi Koordinasi Urusan Kemanusiaan dan staf lain PBB, direncanakan pergi ke lokasi bencana untuk melakukan untuk melakukan penilaian awal, "jelas Ban Ki-moon dalam pernyataan yang disampaikan melalui jurubicaranya, Kamis(13/9).

Sementara itu, Tim Koordinasi dan Penilaian Bencana Asia-Pasifik PBB (UNDAC) juga siap diberangkatkan jika diperlukan, terutama untuk membantu para korban pascabencana.

Gempa bumi berkekuatan besar di lepas pantai selatan Sumatra, Indonesia, menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai sembilan orang lagi.

Gempa tersebut juga mengguncang bangunan sampai di Jakarta dan Singapura dan memicu kepanikan luar biasa di kebanyakan wilayah Sumatra dan Jawa, Rabu malam.(novel)