Segini Anggaran HUT ke-79 RI di IKN dan Jakarta, Bengkak!

eramuslim.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan pembengkakan anggaran hingga Rp87 miliar untuk peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Indonesia.

Menurut Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata alasan membengkaknya anggaran peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 yang kali ini juga digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dia menjelaskan anggaran untuk perayaan 17 Agustus naik menjadi Rp87 miliar memang karena dilakukan pada dua tempat dari sebelumnya yang hanya di Jakarta.

“Mengenai biaya perayaan HUT RI di IKN, jadi tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp87 miliar untuk kegiatan perayaan 17an di IKN, kalau dibandingkan tahun lalu di Jakarta itu Rp53 miliar,” kata Isa menjawab pertanyaan MNC Portal dalam konferensi pers APBN KiTa Edisi Agustus 2024.

Menurut Isa, kenaikan anggaran memang terkendala pengadaan alat-alat perayaan di IKN yang berada di Kalimantan Timur serta jamuan yang memang terbatas.

“Kenaikannya memang terutama karena pengadaan alat-alat perencana yang baru disana, terutama yang biaya serta rinciannya itu dengan biaya besar itu alat pelaksanaannya, penyiapan sarana fisiknya memang perlu dilakukan di tempat yang terpisah,” ungkap Isa.

“Dan jamuan juga lebih besar karena memang yang di Jakarta tersedia cukup sarana prasarana untuk jamuan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menanggapi anggaran pelaksanaan upacara peringatan HUT RI kali ini digelar di dua tempat, yakni di Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga wajar apabila ada anggaran yang lebih besar. Namun, Kepala Negara mengeklaim bahwa kenaikan anggaran tidak signifikan.

 

(Sumber: Okezone)

Beri Komentar