SBY Telepon Presiden Mesir Muhammad Mursi Ucapkan Selamat

SBY Telepon Presiden Mesir Muhammad Mursi Ucapkan Selamat

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pembicaraan telepon dengan Presiden terpilih Mesir Muhammad Mursi, untuk menyampaikan selamat.

“Petang tadi (Kamis, 28/6) Presiden SBY sudah menelepon Presiden Mursi untuk menyampaikan selamat dan mempererat hubungan bilateral antara kedua negara,” kata Duta Besar RI untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, kepada Antara di Wisma Duta KBRI Kairo, Kamis (28/6) malam.

Nurfaizi, di sela menerima tamu Korps Diplomatik ASEAN dan sejumlah diplomat dari negara sahabat Indonesia di Mesir itu, menjelaskan bahwa Presiden SBY memberi perhatian khusus kepada Mesir, terutama setelah pemilihan presiden yang berlangsung damai.

Sementara itu, Presiden Mursi yang terpilih dalam pemilihan umum yang berakhir Ahad (17/6) telah menerima berbagai ucapan selamat dari para pemimpin dunia, termasuk Presiden AS Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Ini merupakan pemilihan presiden pertama pasca revolusi untuk menggantikan Presiden Hosni Mubarak yang mengundurkan diri pada 11 Februari 2011.

Kendati belum dilantik, Mursi juga menerima berbagai kelompok Mesir termasuk pimpinan Gereja Koptik dan para pemimpin media massa setempat dalam upaya menyatukan barisan untuk membangun kembali Mesir pasca revolusi.(fq/merdeka)