SBY Akui Banyak Kekurangan Saat Menjabat, tapi Tidak Lakukan Hal Ini…

eramuslim.com – Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memaparkan sejumlah torehan prestasi yang pernah diraihnya ketika masih menjabat sebagai presiden. Di sisi lain, dia pun mengakui masih banyak kekurangan dan kelemahan ketika dirinya menjabat.

“Banyak kekurangan kita, ada kelemahan kita, ada hal yang tidak bisa kita lakukan,” kata dia dalam kegiatan Peluncuran Buku Perjalanan dan Capaian Kabinet Indonesia Bersatu I di JCC Senayan, Jakarta, pada Kamis (10/10).

Namun demikian, kata SBY, yang terpenting selama menjabat dirinya tak melakukan tindakan tak terpuji kepada sistem ataupun konstitusi yang jadi pedoman bangsa. Tak diketahui siapa yang disindir oleh SBY dalam ucapannya itu.

“Tapi kita tidak berselingkuh kepada sistem, kepada konstitusi, kepada hal-hal yang patut dipedomani dalam kehidupan bernegara,” ujar dia.

Dalam kesempatan itu, SBY sempat mengemukakan sejumlah rintangan yang dihadapi saat masih menjabat sebagai presiden. Contohnya, rintangan saat 100 hari kerja menjadi presiden.

Ketika itu, SBY mesti dihadapkan dengan bencana tsunami yang terjadi di Aceh. Bencana itu kemudian disusul dengan bencana lainnya yang terjadi di Yogyakarta hingga Sumatra Barat.

“Dari segi natural disaster tentu mengganggu pemerintahan, menyedot banyak sekali anggaran keuangan yang kita miliki,” ucap dia.

Tak hanya bencana, pemerintahan SBY juga diuji dengan meroketnya harga minyak bumi dunia yang membuatnya mesti menaikkan harga BBM. Kebijakan menaikkan harga BBM membuat elektabilitasnya sempat anjlok.

“Elektabilitas juga jatuh tapi kita we do not care dalam arti nomor duakan elektabilitas yang penting ekonomi selamat,” ujar dia.

(Sumber: Kumparan)

Beri Komentar