Satu Tahun Jokowi-JK Gagal Total

jokowi-bengongEramuslim.com – Hari ini, Selasa 20 Oktober 2015, pemerintahan Jokowi-JK genap berusia satu tahun. Sayang, perayaan ulang tahun pertama ini sangat pahit bagi rakyat Indonesia. Di dunia maya, hastag #SetahunJokowiJKGagal jadi trending topik. Di dunia nyata, berbagai kritikan juga muncul. Bahkan pengamat LIPI Siti Zuhro menegaskan jika Jokowi tidak perlu malu jika memang ingin mundur karena memang dia tidak punya kompetensi untuk memimpin Indonesia dengan segudang masalah.

Kemarin, hastag #SetahunJokowiJKGagal dan #JokowiJKSetahunGagal menjadi hits. Ribuan netizen mencuitkan hastag ini. Beberapa akun bahkan mencuitkan hastag ini lebih dari 10 kali. Setiap menit ada sekitar tiga sampai empat cuitan. Umumnya para nitizen kecewa, tidak puas, dan menilai setahun memerintah Jokowi-Jusuf Kalla tanpa prestasi.

Cuitan tidak hanya datang dari para pengkritik Jokowi. Pendukung Jokowi saat Pilpres lalu seperti komedian Raditya Dika juga mencuitkan hal yang sama.

“Bingung mau ngetweet apa, takut dibilang sok pintar. Yang jelas sekarang yang miskin makin melarat, yang kaya makin bergelimang harta #SetahunJokowiJKGagal,” kicaunya di akun @radiftyadika.

Akun @SiBonekaKayu melontarkan kritik pedas atas realisasi janji dan Nawacita yang diusung Jokowi saat Pilpres lalu. “Rakyat harus disadarkan. Nawacita berubah menjadi Nawacitra hingga Dukacita. #SetahunJokowiJKGagal,” kritiknya.

Pemilik akun ‏@eviana54121 menyoroti maraknya PHK (pemutusan hubungan kerja), bertambahnya pengangguran, dan membengkaknya utang negara. “Lapangan pekerjaan di Indonesia dipersembahkan ke buruh Cina. #SetahunJokowiJKGagal,” timpal akun @istighfar313.

Ada juga yang menyoroti penanganan bencana asap yang begitu lama. “Akibat ketidakmampuan negara, sekarang semua ikut membakar hutan dan lahan dari Sabang sampai Merauke. #JokowiJKSetahunGagal,” tulis @Bg_MarOne.

Akun lain terus manas-manasin agar para rekannya terus membuat hastag ini. “Dorong terus,” tulis @SiBonekaKayu sambil mencuitkan tiga hastag #JokowiJKSetahunGagal sekaligus tiga kali. “Kade terindah satu tahun berkuasa rezim @jokowi dan @Pak_JK,” sahut @SangPemburu99.

Jokowi-JK jelas gagal total. Mundurlah sebelum rakyat semakin muak. (ts)