Sambut Paus Fransiskus, Jokowi: Indonesia dan Vatikan Punya Komitmen yang Sama, Perdamaian dan Persaudaraan

eramuslim.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa Indonesia dan Vatikan memiliki komitmen yang sama dalam memupuk perdamaian dan persaudaraan. Seperti diketahui, Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia 3-6 September 2024.

“Indonesia dan Vatikan memiliki komitmen yang sama, memupuk perdamaian dan persaudaraan. Serta menjamin kesejahteraan bagi umat manusia,” kata Jokowi dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Jokowi mengungkapkan bahwa kunjungan Paus Fransiskus merupakan kunjungan ketiga setelah kunjungan Paus Paulus ke-6 pada tahun 1970 dan kunjungan Paus Yohanes Paulus ke-2 pada tahun 1989.

Jokowi pun menyambut hangat kedatangan Paus Fransiskus yang dijadwalkan tiba di Indonesia hari ini, Selasa (3/9/2024).

“Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan terima kasih atas kunjungan Yang Teramat Mulia  Paus Fransiskus ke indonesia. Selamat datang Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa dirinya baru saja mengundang Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo untuk rapat terakhir guna mengecek persiapan ketibaan Paus Fransiskus. Dirinya menyebut bahwa beberapa saat lagi Paus Fransiskus akan segera tiba di Jakarta.

“Kunjungan ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah. Sudah direncanakan beberapa tahun yang lalu tapi tertunda karena pandemi Covid-19,” jelasnya.

“Selama 4 hari kunjungan beliau Yang Teramat Mulia, Sri Paus akan melakukan pertemuan kenegaraan, pertemuan dengan korps diplomatik dan wakil-wakil masyarakat, pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal, serta Misa Kudus,” pungkasnya.

 

(Sumber: Okezone)

Beri Komentar