Refly Harun: Lawannya Anies Nggak Ada di Pilkada 2024

eramuslim.com – Pengamat politik Refly Harun menilai lawan mantan calon presiden (capres) nomor urut satu di pemilihan presiden (Pilpres) 2024, Anies Baswedan di pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 tidak ada.

Pasalnya berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas, elektabilitas Anies Baswedan berada di posisi tertinggi, sedangkan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep hanya 1 persen.

“Elektabilitas Kaesang cuma 1% Anies 29%, ya ini tanda-tanda baik ya bahwa Anies masih diminati dan bisa dikatakan lawannya enggak ada,” ungkapnya, dikutip dari YouTube Refly Harun, Rabu (17/7).

Sehingga menurut ahli hukum tata negara itu, sebaiknya Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil dan politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berlaga di tempat selain Jakarta.

“Karena itu Ridwan Kamil lebih baik di Jawa Barat saja bertandingnya, Ahok lebih baik tidak usah bertanding di Jakarta tapi di daerah lain ketimbang nanti justru merusak peta partai oposisi, karena kan tidak mungkin juga Ahok itu dijadikan wakilnya Anies karena sudah menjadi gubernur,” imbuhnya.

Diketahui, dalam survei terbaru Litbang Kompas terkait Pilkada DKI Jakarta 2024, Anies Baswedan masih berada di urutan pertama dengan elektabilitas sebesar 29,8 persen, sedangkan posisi kedua diduduki Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Survei elektabilitas calon gubernur rujukan publik Jakarta, Anies Baswedan 29,8%, urutan kedua Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 20%,” tulis Litbang Kompas seperti dikutip Selasa (16/7/2024).

Kemudian posisi selanjutnya terpaut jauh dengan Anies dan Ahok, yaitu Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil dengan 8,5 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 2,3 persen.

Lalu ada sejumlah nama dengan elektabilitas di angka 1 persen, yaitu Menteri Sosial Tri Rismaharini, Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang meraih 1,3%.

(Sumber: Wartaekonomi)

Beri Komentar