Profil Briptu Tiara Nissa, Polwan Indonesia yang Jadi Lulusan Terbaik Akpol Turki

Profil Briptu Tiara Nissa, Polwan Indonesia yang Jadi Lulusan Terbaik Akpol Turki

Eramuslim.com – Anggota polisi wanita (Polwan) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Briptu Tiara Nissa berhasil dinobatkan menjadi lulusan terbaik di Sekolah Kejuruan Polisi Akademi Kepolisian Golbasi, Turki, pada Rabu, 26 Juli 2023 lalu. Berikut profil Briptu Tiara Nissa selengkapnya.

Diketahui, dalam Akademi Kepolisian (Akpol) Turki itu, Briptu Tiara Nissa sukses masuk dalam peringkat lima besar. Bahkan ia berhasil maju sebagai perwakilan 87 siswa tamu dari sebanyak 16 negara di seluruh dunia. Tiara Nissa lulus bersama dengan dua anggota Polri lainnya, antara lain yaitu Ipda Regina Setiawan dari Polda Kepri dan juga Bripka Hilman Lasmana dari Polda Jawa Barat.

Profil Briptu Tiara Nissa 

Diketahui, Briptu Tiara Nissa Zulbida adalah Polisi Wanita (Polwan) yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Tiara Nissa Zulbida atau yang biasa disapa dengan sebutan Nissa ini merupakan lulusan dari Sekolah Kejuruan Polisi Akademi Kepolisian Golbasi, Turki.

Nissa memulai pendidikan pada program Capacity Building “Pelatihan Kapolri Tingkat Pertama dan Magister Non Skripsi” di tahun 2021. Selanjutnya ia berhasil menyelesaikan pendidikannya di 2023 ini.

Saat ini, Briptu Tiara Nissa Zulbida dinobatkan menjadi peringkat ke 5 besar dan berhasil maju sebagai perwakilan 87 siswa dari 16 negara di dunia. Terpilihnya Nissa sebagai salah satu lulusan terbaik tentunya mengharumkan nama Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, Tiara Nissa juga berkesempatan untuk menjadi orang pertama yang menyampaikan pidato langsung di depan Presiden Republik Turki Recep Tayyib Erdogan dan para tamu undangan dalam upacara wisuda.

“Bapak Presiden yang saya hormati, kami datang ke Akademi Kepolisian Turki ini dari 16 Negara yang berbeda namun memiliki mimpi dan tujuan yang sama yaitu untuk dapat melayani negara kami dengan loyalitas dan kesuksesan,” ungkap Nissa pada pidatonya seperti yang dilansir dari keterangan resmi PPI Turki, Jumat (28/7/2023).

Pada acara kelulusan Akpol Turki tersebut, dihadiri juga beberapa pejabat, di antaranya yaitu Menteri Dalam Negeri Republik Turki Ali Yerlikaya, Kepala Kepolisian Republik Turki Erol Ayyildiz. Hadir pula Duta Besar dan Atase Kepolisian dari Negara tamu undangan, termasuk salah satunya yaitu Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Lalu M. Iqbal.

Nissa juga mengatakan bahwa peran dari setiap lulusan Akademi Kepolisian Turki begitu penting untuk dapat membawa nilai-nilai kebudayaan serta visi dan misinya agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap bangsa dan negaranya masing-masing.

“Selama ini kami menerima pelatihan dari Akademi Kepolisian Turki yang dipersiapkan secara profesional dan berkesempatan untuk bisa mengadopsi budaya beserta visi dan misinya yang akan memberikan kontribusi bagi kami dan juga masyarakat,” kata Nissa.

Erdogan pun secara langsung memberikan sebuah cinderamata kelulusan kepada Nissa sebagai salah satu peserta didik yang terbaik. Ia juga menitipkan salamnya untuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Selanjutnya, Nisa dan dua personel terbaik lainnya direncanakan akan kembali ke Tanah Air pada tanggal 29 Juli 2023 mendatang.

Demikian tadi ulasan tentang profil Briptu Tiara Nissa yang dinobatkan sebagai lulusan terbaik di Sekolah Kejuruan Polisi Akademi Kepolisian Golbasi, Turki. Semoga bermanfaat!

Sumber: suara

Beri Komentar