Prof. Yusril Sarankan Jokowi Gelar Konferensi Internasional Bahas Muslim Rohingya

yusrilEramuslim.com – Tragedi kemanusiaan terhadap entik Rohingya bukan saja harus difokuskan pada penanganan pengungsi. Langkah politis dan diplomatis bersama juga diperlukan untuk menekan Myanmar agar menyelesaikan problem domestik mereka.
“Langkah diplomatik, politis dan ekonomis perlu segera diambil, baik oleh ASEAN maupun dunia internasional untuk menekan Myanmar,” kata Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra (23/5).
Menurut Yusril, Indonesia dapat mensponsori konferensi internasional masalah Rohingya untuk mencari solusi atasi masalah ini. Konfrensi tersebut juga akan menjadi tekanan politis yang kuat terhadap pemerintah Myanmar untuk menyelesaikan masalah domestik etnik Rohingya.
“Indonesia paling tidak dalam waktu dekat dapat mengambil inisiatif mengundang pertemuan khusus ASEAN membahas masalah pengungsi Rohingya,” saran Yusril
Dalam pertemuan tersebut, lanjut Yusril, dibahas langkah-langkah untuk memperluas peserta pembahasan sehingga menjadi konfrensi internadional bahas masalah Rohingya.(rz)