PP Muhammadiyah Resmikan Perwakilan di Belanda

Untuk mengembangkan dakwah serta menghimpun warga Muhammadiyah di luar negeri, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendirikan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) di Amsterdam, Belanda. PCIM Belanda merupakan PCIM yang ketujuh, setelah sebelumnya sudah terbentuk PCIM di Kairo, Jeddah, Damaskus, Sudan, Teheran dan Kuala Lumpur.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengingatkan agar umat Islam selalu membawa pesan perdamaian yang selalu menampilkan citra Islam Indonesia yang modern dan moderat, sesuai dengan semangat Muhammadiyah yang mengusung Islam kearah kemajuan.

"Bawalah pesan Islam sebagai agama perdamaian, tampilkanlah citra Islam Indonesia yang modern dan moderat," kata Din dalam amanatnya saat melantik dan meresmikan pengurus PCIM Belanda, melalui siaran persnya, Jum’at (8/12).

Dirinya berharap, PCIM Belanda dan negera-negara lain dapat menjalin hubungan dengan berbagai negara dan menggali sumber daya yang bermanfaat bagi kemajuan umat Islam Indonesia, dan rencananya dalam waktu dekat akan diresmikan beberapa PCIM antara lain, di London, Canberra, Washington DC, Jerman dan Tripoli.

Sebelumnya Din Syamsuddin mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Uni Eropa, di Brussel dan menjadi keynote speaker dalam Seminar Uni Eropa Indonesia. Dalam acara itu Ia menegaskan umat Islam harus menunjukan kepada dunia, Islam memiliki banyak keunggulan yang sangat berguna untuk kemajuan peradaban didunia, sebagaimana pesan dalam Al-Quran bahwa Islam adalah rahmat bagi alam semesta.

"Sesuai dengan pesan Al-Quran, umat Islam harus memberikan kesaksian kepada dunia, bahwa Islam adalah rahmat bagi alam semesta maka umat Islam harus menunjukkan itu," imbuhnya. (novel)