PP Muhammadiyah Dorong Proses Perdamaian di Srilanka

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengharapkan peran serta para tokoh agama untuk ikut menciptakan perdamaian di Srilanka, khususnya konflik antara Pemerintah dan Macan Tamil (LTTE).

Pada kesempatan Din Syamsuddin diundang ke Srilanka selaku Honorary President World Conference on Religion for Peace (WCRP) dalam misi tujuh tokoh agama dunia untuk mendorong perdamaian sejati di Srilanka.

Dalam ceramah di hadapan 100-an tokoh berbagai agama di Kandy, Srilanka, Senin 28/4 siang, Din menekankan pentingnya agama berperan untuk mengakhiri konflik. "Konflik berkepanjangan, hanya akan merugikan semua pihak dan membawa petaka bagi masyarakat, " tandasnya dalamrilis yang diterima Eramuslim.

Oleh karena itu Din meminta para tokoh agama untuk berperan khususnya dalam menyadarkan umat masing-masing agar tidak terjebak ke dalam tindak kekerasan apalagi pembunuhan.

Para tokoh berbagai agama Srilanka sepakat untuk bekerja sama membuat resolusi konflik dan sebagai mekanisme operasional mereka sepakat membentuk Inter Religious Concil.

Diharapkan terbentuknya organisasi ini akan menjadi sarana bagi komunikasi di antar umat beragama untuk berdialog dan bekerja sama, baik dalam bidang keagamaan maupun sosial kemasyarakatan.(novel)