Popularitas Anies Mampu Lampaui Ganjar, Ini Datanya!

eramuslim.com – Popularitas Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan ternyata  bisa mengalahkan pesaingnya Ganjar Pranowo.

Ini merupakan hasil penelusuran Google Trends per wilayah khususnya di Jawa Timur pada Senin, 10 Juli 2023.

Tercatat popularitas Anies di Jawa Timur mencapai 45%, Ganjar 32%, dan Prabowo Subianto 23%.

Sementara di Daerah Istimewa Yogyakarta Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 juga mampu menyamakan pesaingnya. Dia mampu meraih 43%, sama dengan Ganjar.

Kepopuleran Anies juga terlihat di Jawa Barat. Anies mengumpulkan poin sebesar 52% berbanding 29% untuk Ganjar dan 19% untuk Prabowo.

Popularitas mantan Mendikbud itu secara harian pun tak mampu dikejar Ganjar. Dia mampu meraih 36%, Ganjar 27% dan 17% untuk Prabowo.

Data tersahih, Anies mampu mengalahkan Ganjar secara popularitas pada Senin, 10 Juli 2023, pukul 08.44. Dia meraih 44% persen berbanding 24% (Ganjar), dan 8% (Prabowo). Data ini menunjukkan kestabilan dilihat sejak pertengahan 2023.

Popularitas Anies mencapai 52% berbanding 33% (Ganjar) dan 9% (Prabowo) pada 3 Juni 2023. Popularitas Anies mulai memuncaki grafik pada pukul 13.08 WIB dengan meraih 41% persen berbanding 31%. Pada pukul 16.45, Namanya masih bertahan di atas dengan ditandai grafik berwarna biru. Suami Fery Farhati mendapat 45% berbanding 41%.

Popularitas Anies sempat menyentuh 90% pada pukul 05.31 WIB berbanding 72% dan 23%. Bekas rektor Universitas Paramdina bahkan mampu menyapu bersih keterwakilan pemilih di 31 wilayah Indonesia. Itu termasuk Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, Sulawesi Barat, Gorontalo, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Jawa Timur, Lampung, DKI Jakarta, Bengkulu, Jawa Barat, Kepualauan Bangka Belitung, Kaltim, Sulteng, Sumut, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur. Rata-rata, cucu pahlawan nasional A.R Baswedan mampu meraih lebih dari 50 persen di wilayah-wilayah tersebut.

Popularitas Anies bahkan mampu menyamai Ganjar di Jawa Tengah (41%), wilayah yang dikuasai PDI-P, partai pengusung Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Popularitas Anies masih menungguli lawan politiknya Ganjar Pranowo pada Rabu, 24 Mei 2023, menyentuh 41% berbanding 37%.

Dilihat dari data statistik GTrends pada pukul 09.40 WIB, Anies mampu mengalahkan Ganjar dengan meraih 52% berbanding 26%. Sempat mengalami fluktuasi, grafik Anies mulai stabil melewati pesaing politiknya pada pukul 04.28 WIB.

Menurut data Gtrends, konstituen terbanyak yang berpeluang memilih Anies di Pilpres 2024 berasal dari wilayah Kalimantan Utara (100 persen). Hal itu diikuti empat wilayah seperti Maluku Utara, Papua Barat, Maluku, dan Sumatera Barat yang rerata mengumpulkan di atas 50 persen.

Hal itu diikuti lima wilayah lainnya seperti Sulawesi Tenggara, Aceh, Gorontalo, kepulauan Riau, dan Kalimantan Selatan. Persentase raiha kelima wilayah ini juga melebihi 50 persen.

Popularitas Anies juga mampu melebihi 50 persen di wilayah-wilayah: Riau, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Bengkulu, Sumatera Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Utara, Banten, Kalimantan Barat, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Popularitas Anies masih terdepan di wilayah lain seperti Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Sumatera Selatan. (Sumber: Fajar)

Beri Komentar

1 komentar

  1. Inilah yg bikin istana gerah kepanasan, shg penjegalan dan downgrade Anies berjalan terus, yg terakhir JIS … tp perjuangan msh panjang, ttp itiqomah berusaha dan berdoa, Insya Allah kebenaran pasti menang melawan kebatilan …