Politisi PDIP: Kisruh Pejabat Soal Freeport Itu Permainan CIA

freeportEramuslim.com – Politisi Partai PDI Perjuangan, Effendi Simbolon, mengatakan kisruh Freeport adalah perang yang diciptakan CIA (badan intelijen Amerika). Indonesia terseret dalam jebakan ini.
“Akibatnya semua anak bangsa yang menjadi korban karena saling berhadap-hadapan. Saya melihat para pemimpin kita kekanak-kanakan menyikapi ini,” ujar Effendi Simbolon dalam sebuah diskusi, Minggu (6/12/2015) di Jakarta.
Effendi mengungkapkan Freeport melalui kaki tangannya sudah sejak beberapa waktu lalu. Bahkan menjelang kunjungan Presiden Jokowi ke Amerika beberapa waktu lalu operasi Freeport ini makin intensif.
Semua itu, papar Effendi Simbolon, Freeport ingin mempertahankan operasinya di Papua. Perusahaan asal Amerika ini memang berharap operasinya di Papua bisa diperpanjang setelah kontrak berakhir 2021.
“Coba perhatikan apa yang dilakukan Ma’roef Syamsudin atas nama perusahaan asing merekam pemicaraan dengan pejabat. Ini bisa di kenakan sangsi hukum di Amerika,” papar Effendi Simbolon yang juga anggota Komisi I DPR RI ini.
Effendi mencium perang operator asing yang membawa opini kekisruhan ini menjadi terfokus pada pelanggaran etika Ketua DPR Setya Novanto. Sehingga isu berbagai pelanggaran Freeport menjadi tertutupi.(ts/pm)