Polandia Berikan Bantuan 300 Ribu US Dollar kepada Korban Gempa Yogyakarta

Pemerintah Polandia memberikan bantuan sebesar 300 ribu US dollar kepada korban gempa bumi di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bantuan tersebut disampaikan oleh Menteri Pertahanan Nasional Polandia Radoslaw Sikorski usai penandatangan kerjasama dengan Menteri Pertahanan RI Juwono Sudharsono, di Kantor Departemen Pertahanan, Jakarta, Selasa(6/6).

"Dari 300 Ribu US dollar bantuan itu, 100 ribu US dollar akan disumbangkan langsung kepada Palang Merah Indonesia," jelasnya.

Menurutnya, selain dalam bentuk uang, pihaknya akan meberikan bantuan berupa obat-obatan, peralatan medis serta rumah sakit lapangan untuk membantu pengobatan korban bencana gempa tersebut. Dalam kesempatan itu atas nama pemerintah Polandia, dirinya menyampaikan ucapan turut berduka cita atas musibah yang terjadi di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Bantuan yang dialokasikan kepada PMI berbentuk cheque sebesar 100 ribu US dollar, langsung diterima oleh Ketua Umum PMI Pusat Mar’ie Muhammad. Mar’ie menjelaskan, saat ini terdapat peningkatan jumlah keluarga yang membutuhkan bantuan pasca bencana gempa, dari sebelumnya 50 ribu kepala keluarga menjadi 65 ribu kepala keluarga.

"Semula mereka yang membutuhkan bantuan hanya 200 ribu orang atau 50 ribu keluarga, saat ini jumlahnya meningkat menjadi sekitar 325 ribu orang atau 65 ribu keluarga," jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi penambahan jumlah keluarga yang menjadi korban bencana, PMI telah menambah jumlah tenda-tenda yang dipasang sebanyak 10 ribu tenda, dan setiap keluarga akan mendapat satu tenda.(novel)