PM Malaysia: Islamophobia Masalah Serius yang Mesti Diselesaikan

Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi minta negara-nagara Islam untuk bersunguh-sunguh dengan kemauan politik yang tinggi mengatasi permasalahan besar yang sedang dialami oleh seluruh umat Islam, yaitu masalah Islamophobia.

"Saat ini kita lebih cenderung hanya membicarakan masalah ini bukan mencari jalan keluarnya, padahal ini masalah serius yang mesti diselesaikan, jangan pernah bosan," katanya.

Menurut Badawi, permasalahan besar yang sedang dihadapi oleh umat Islam, sudah diupayakan diselesaikan melalui jalur pembahasan melalui Konferensi Internasional dan tidak hanya dilakukan oleh negara-negara Islam, bahkan negara-negara non Islam.

Lebih lanjut Badawi mengatakan, pertemuan ulama tingkat internasional ini sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman umat Islam terhadap situasi yang berbeda di berbagai negara, karena dalam pertemuan itu masing-masing perwakilan negara dapat saling bertukar pikiran dan memberikan pandangan tentang Islam.

"Ulama akan berupaya memberikan masukan untuk meningkatkan kedudukan Islam supaya lebih baik dan dihormati," tegasnya.

Ia menambahkan, untuk menghindari pencitraan yang buruk tentang Islam, umat Islam sendiri harus bisa berpegang teguh pada budi pekerti dan akhlak yang mulia serta mampu menunjukan rasa toleransi terhadap kelompok-kelompok di luar Islam.(novel)