PKS DKI Minta Wacana Ataturk Jadi Nama Jalan di Jakarta Dikaji Ulang

 

Eramuslim.com – PKS DKI Jakarta menolak rencana Tokoh Sekuler Turki, Mustafa Kemal Ataturk menjadi nama jalan di Jakarta. PKS menilai Ataturk sebagai sosok kontroversial.

“Jika memang sangat merugikan dan menyakiti kaum muslimin, lebih baik dibatalkan pemberian nama jalan tersebut,” kata Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin dalam keterangannya, Minggu (17/10/2021).

Anggota Komisi C DPRD itu menyoroti kontroversi Ataturk yang disebut merugikan muslim selama memimpin negara Turki. Salah satunya, mengalihfungsikan Masjid Hagia Sophia dari masjid menjadi museum pada tahun 1935.

“Sangat diktator, dia juga membuat kebijakan merubah masjid Hagia Sofia menjadi museum, mengganti adzan berbahasa Arab dengan bahasa lokal, melarang jilbab dipakai di sekolah, kantor-kantor yang bersifat kepemerintahan,” terangnya.

Khoirudin memahami kecintaan rakyat Turki terhadap founding fathers negaranya. Namun hal ini tak belaku bagi umat muslim di negara lain. Selain itu, dia juga meyakini masih banyak tokoh yang bisa diabadikan menjadi nama jalan.

“Masih banyak pahlawan lain yang berjasa bagi Kemerdekaan Indonesia untuk diabadikan menjadi nama jalan di ibu kota,” jelasnya.