PKS Akui, Tidak Ada Partai Ikut Usung Anies-Sohibul Iman, Bahkan Hingga Detik Terakhir

eramuslim.com – Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan, hingga satu hari sebelum deklarasi Ridwan Kamil dan Suswono, tidak ada satu pun partai yang bergabung dengan partainya untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

“Bahkan, sebelum deklarasi ini (RK-Suswono) dijalankan, tidak ada satu pun partai yang bisa bersama dengan PKS (untuk mengusung Anies),” ujar Kholid saat ditemui Kompas.com usai acara deklarasi RK-Suswono di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024).

Setelah pilihan pertama mereka gagal, PKS pun membuka opsi kedua karena mereka harus ikut berkompetisi di Pilkada DKI Jakarta.

“Keputusan pertama kan kita pasangan Anies Sohibul Iman. Karena sudah tenggat waktu, sudah tidak memiliki mitra, kita memilih opsi kedua. Opsi kedua ya ini (RK-Suswono),” imbuh Kholid.

Kendati demikian, Kholid membantah partainya telah meninggalkan Anies dalam Pilkada DKI Jakarta.

Menurut dia, keputusan ini diambil karena baik Anies maupun PKS sama-sama gagal mendapatkan tambahan kursi DPRD untuk mengusung pasangan mereka sendiri.

“Ya kewajiban untuk mencari kursi itu kan kewajiban partai dan kewajiban dari kandidat. Kami tidak bisa memenuhi, baik PKS maupun Mas Anies, tidak bisa memenuhi tiket itu. Otomatis, secara niscaya kita harus mencari perahu dong,” lanjut dia.

Pada hari Senin, PKS bersama dengan 11 partai lainnya resmi mengusung RK-Suswono untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Partai itu adalah Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, NasDem, PKB, PKS, Perindo, PSI, PPP, Garuda, dan Gelora.

“Kami berdua menghaturkan terima kasih atas segala dukungan sampai ke panggung detik ini yang semua mencermati, sangat-sangat tidak mudah,” ujar Ridwan Kamil usai resmi dideklarasikan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin

Ia dan Suswono akan segera beradaptasi untuk bisa mewujudkan Jakarta sesuai dengan slogan yang mereka usung, “Jakarta Baru, Jakarta Maju”.

“Kami manusia punya ikhtiar tapi wilayah takdir adalah wilayah Allah SWT. Oleh karena itu, kami berdua akan beradaptasi terhadap sebuah impian ini,” imbuh dia.

(Sumber: Kompas)

Beri Komentar